Jumat, 3 Mei 2024

Sebelas Kontingen Wushu Taolu Berlomba Pukau Juri Dengan Gerakan Indah

Diunggah pada : 14 September 2023 13:47:52 85
Salah satu atlet Wushu Taolu saat tampil di depan dewan juri. Foto: Sugeng JNR

Jatim Newsroom - Cabang Olahraga (Cabor) Wushu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII/2023 masih berlangsung. Kali ini cabor Wushu melombakan kategori Taolu yang dilaksanakan di Sunrise Mall, Kota Mojokerto, Kamis  (14/09/2023).

Terdapat Sebelas Kabupaten/Kota yang mengikuti kategori ini, antara lain Kota Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Kota Batu, Kota Malang, Jember, Kota Mojokerto, Nganjuk, Jombang, Bondowoso, dan Gresik.

Adapun nomor yang diperlombakan antara lain Taijijian Putra-Putri, Jianshu Putra-Putri, Daoshu Putra-Putri, Nandao Putri, Nangun Putra, Chanquan Putra-Putri, dan Bachandao Putra-Putri.

Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia Jawa Timur, Sherly Hoediono, mengatakan, pada hari pertama ini belum ada pengumuman juara perlombaan.

"Hari ini belum ada pengumuman juara, kecuali satu nomor yang langsung final, yaitu Cahngquan Putri-Putra, tapi UPP nya digabung besok semuanya pada hari terakhir," ujarnya, ditemui usai perlombaan sesi pagi.

Sherly menambahkan, untuk nomor Wushu Taolu yang lain menggunakan penggabungan nilai dari dua nomor untuk menentukan juara.

"Nilai akhirnya digabung, jadi nilainya senjata pendek dan senjata panjang digabung untuk memperebutkan satu medali," ungkapnya.

Menurut Sherly, ada perbedaan teknis penilaian pada gelaran Porprov kali ini dibanding Porprov sebelumnya di Jember.

"Di Jember penjuriannya hanya A dan B, untuk tahun ini kita ada tambahan C atau tingkat kesulitan gerakan, untuk A memiliki bobot nilai 5, B bernilai 3 dan C bernilai 2, jadi totalnya 10," jelasnya.

Wushu Taolu merupakan cabang seni bela diri yang menekankan gerakan-gerakan anggun, teknik presisi, dan ekspresi artistik dengan gerakan-gerakan yang melibatkan tendangan, pukulan, putaran, dan pose-pose khas, baik dengan senjata maupun tangan kosong.

Sementara mengutip dari laman IWUF, Taolu terdiri dari serangkaian teknik yang terhubung dengan koreografi sesuai dengan prinsip dan filosofi tertentu untuk menggabungkan prinsip gaya menyerang dan bertahan. 

Ini termasuk teknik tangan, teknik kaki, melompat, menyapu, kuda-kuda dan gerak kaki, merebut, melempar, gulat, dan keseimbangan dan biasanya saat berlatih wushu juga.(ghf/s)

#PORPROV Jatim #Porprov Jatim VIII/2023 #wushu #wushu taolu