Minggu, 5 Mei 2024

SEA VLeague 2023 Pekan Pertama, Indonesai Juara

Diunggah pada : 24 Juli 2023 14:51:19 310
Timnas Bola Voli Putra Indonesia

Jatim Newsroom - Timnas voli putra Indonesia berhasil meraih gelar juara SEA VLeague 2023 pekan pertama, usai mengalahkan Thailand 3-1 (21-25, 25-17, 25-23, 27-25) di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Minggu (23/7/2023) malam.

Ini merupakan kemenangan ketiga dari tiga laga di kompetisi liga antarnegara. Dua laga sebelumnya didapatkan dari Filipina dan Vietnam dengan skor sama 3-0. 

Pada set pertama, Farhan Halim dkk, sempat tertinggal 21-25 dari juara AVC Challenge Cup di Taiwan, pekan lalu. Beruntung tiga set berikutnya tim Indonesia mampu meraih kemenangan.

Pelatih timnas asal China, Jeff Jiang mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya di laga pamungkas. "Saya bangga dengan anak-anak. Mereka bekerja keras dan bermain baik.  Team work juga sangat baik, berbeda dengan saat di Cina Taipei, mungkin kalau di Taipei bermain seperti ini kami bisa menang," ujar Jeff kepada wartawan laga.

Di Filipina pekan depan, timnas akan turun dengan materi pemain yang sama. Di Filipina, akan berlangsung event yang sama pekan kedua, pada 28-30 Juli 2023 mendatang.

Sementara tim Thailand akan turun dengan materi pemain yang berbeda. Pasalnya, tim Thailand yang berlaga di Sentul ini akan langsung bertolak ke Qatar menghadapi FIVB Challenge Cup 2023, pekan depan di Qatar.

Pemain terbaik (MVP), Fahri Septian Putratama menyebut laga terakhir ini dia dan rekan-rekannya bermain lebih baik. "Semua berjalan sesuai rencana," kata Fahri.

Kekalahan di Taiwan dari Thailand, katanya juga sudah dievaluasi. "Thailand sebenarnya bermain sama seperti di Taiwan tetapi kami bermain jauh lebih baik dibanding di Taiwan," lanjut Fahri.

Sementara itu, pelatih Thailand, Park Ki Won menyebut timnas lebih baik dibanding di Taiwan. "Bola voli Asia Tenggara semakin berkembang dan akan berjaya di Asia," tambah Park.

Timnas Indonesia menerima hadiah uang pembinaan sebesar 17 ribu Dolar AS, sedang Thailand sebagai runner up 14 ribu Dolar AS dan Vietnam sebagai juara ketiga menyingkirkan Filipina 3-2 mendapat 11 ribu Dolar AS.

Peringkat akhir:

1. Indonesia

2. Thailand

3. Vietnam

4. Filipina.(her/s)

#Voli