Minggu, 19 Mei 2024

Sambut Lebaran 2023. BBPJN VIII : Kemantapan Jalan Nasional di Jatim Capai 97,34 Persen

Diunggah pada : 6 April 2023 10:19:16 145
Foto diambil dari Drone Jalan Nasional di Jawa Timur di ruas Lamongan - Babat. (BBPJN VIII Jawa Timur - Bali)

Jatim Newsroom - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur - Bali menyatakan kemantapan jalan Nasional di Jatim mencapai 97,34% dan siap digunakan untuk mudik lebaran 2023 mendatang.  Hal ini disampaikan Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Apri Artoto, ST., MPPM dikonfirmasi di kantornya jalan Waru Sidoarjo, Kamis (6/4/2023).

Tidak hanya itu, pihak BBPJN juga menyatakan kemantapan Jalan Nasional di Bali untuk lebaran juga 98,81%. "Jadi semua telah disiapkan sesuai dengan arahan presiden untuk menyambut libur lebaran mulai tanggal tanggal 19-25 April 2023. Semua pekerjaan konstruksi dan rehabilitasi jalan akan dihentikan pada H-10 dan alat berat sudah tidak ada di lapangan,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pihak BBPJN juga menurunkan tim tim untuk memantau kesiapan jalan nasional di wilayah Jawa Timur dan Bali. "Tim ini untuk memantau kesiapan jalan nasional sebagai Jalur Lebaran tahun 2023 ini. Jika ditemukan lubang jalan, saya perintahkan kepada PPK terkait untuk segera ditutup. Tim juga mengecek kondisi marka jalan dan juga drainase agar tidak ada genangan saat hujan.”, kata Apri.

BBPJN Jawa Timur-Bali, juga menyiapkan Posko Lebaran dan alat berat untuk tanggap darurat diberbagai titik jalan nasional. “Untuk posko lebaran di jalan nasional ditargetkan sudah berdiri H-10 dan alat berat disiagakan di lokasi rawan longsor seperti di Trenggalek dan di daerah Gumitir. Total di Jawa Timur ada 27 posko dan Disaster Relief Unit tersebar di 9 lokasi. Sementara di Bali ada 7 posko lebaran dan 2 lokasi DRU,"katanya.

Apri menambahkan bahwa pihak BBPJN juga sudah berkoordinasi dengan pihak Korlantas dan Dinas Perhubungan di daerah terkait pelaksanaan jalur lebaran di wilayah kerjanya.  “Harapan saya mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman,"pungkasnya. (pca/hjr)

#BBPJN