Senin, 6 Mei 2024

BBPJN Jatim – Bali : Pengganti Empat Jembatan di Banyuwangi Selesai Akhir 2023

Diunggah pada : 2 Agustus 2023 18:27:03 715
Petugas BBPJN Jatim - Bali yang mulai pembokaran dan pembangunan jembatan di Banyuwangi. (Pca)

Jatim Newsroom -  BBPJN Jawa Timur – Bali melalui PPK 1.2 Provinsi Jawa Timur, mulai mempersiapkan penggantian empat jembatan di Jalan Nasional Banyuwangi dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Diman jembatan tersebut yaitu Jembatan Alas Bulu I, Jembatan Alas Bulu II, Jembatan Curah Sawo, dan Jembatan Wongsorejo yang berada di daerah Wongsorejo Banyuwangi.

PPK 1.2 Provinsi Jawa Timur, Syaiful Fajar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/8/2023) mengatakan, tahapan-tahapan untuk mulai pekerjaan sudah dilakukan yaitu sosialisasi ke pihak  terkait seperti ke Kapolres, Kapolsek, Dinas Perhubungan, Kepala dinas, kepala daerah, Kepala Kecamatan  dan kepala desa serta pihak-pihak terkait lainnya.

Selain itu uji coba traffik juga sudah dilakukan hasilnya semua memenuhi syarat untuk memulai pekerjaan untuk itu per tanggal 1 Agustus 2023 Kemarin. “Kita sudah lakukan pengaturan lalu lintas karena pekerjaan sudah kita mulai. Pelaksanaan pekerjaan penggantian jembatan diperkirakan selama lima bulan, dari bulan Agustus sampai Desember 2023,”katanya.

Kemudian, mulai pengaturan lalu lintas dengan sistem buka tutup senin kemarin, karena  akan bekerja dengan setengah bagian jembatan. “Jadi jembatan alas Bulu I dan Jembatan Alas Bulu II sisi kanan arah ke banyuwangi akan kita bongkar sehingga jembatan yang dapat dilewati lalulintas yaitu sisi kiri arah kebanyuwangi, setelah sisi kanan jembatan selesai dikerjaan lalulintas pindah ke sisi kanan dan sisi kiri kita bongkar hal itu juga kita terapkan untuk jembatan lainnya yaitu jembatan Curah Sawo dan Jembatan Wongsorejo skemanya sama,”ujar Fajar usai melihat kondisi jembatan alas Bulu I

Ia menjelaskan, secara kontrak paket Preservasi Jalan dan Jembatan Situbondo – Ketapang – Banyuwangi berakhir pada September 2024 karena paket ini kontrak tahun jamak (Kontrak Multi Years)  namun karena penggantian empat jembatan ini menjadi prioritas untuk segera diselesaikan maka kami lakukan percepatan agar penggantian empat jembatan ini dapat diselesaikan pada tahun 2023.

Pria kelahiran Madura ini menambahkan, pihaknya yakin pekerjaan penggantian 4 jembatan dapat diselesaikan pada akhir Desember 2023 karena 2 Jembatan yaitu jembatan Alas Bulu II dan jembatan Wongsorejo menggunakan konstruksi Box Culvert sehingga pemasangannya lebih cepat dari sisi waktu pekerjaan sedangkan untuk jembatan Alas Bulu I dan Jembatan Wongsorejo menggunakan konstruksi girder namun untuk pekerjaan Bore Pile sudah selesai dikerjakan.

Selama pekerjaan berlangsung, pihaknya menghimbau pengguna jalan terutama yang mau ke pelabuhan Ketapang atau ke Banyuwangi agar mencari jalur alternatif karena dampak dari pekerjaan ini yaitu diberlakukan buka tutup lalulintas berpotensi terjadi kemacetan. “Untuk itu kami akan mensosialisasikan pekerjaan penggantian jembatan ini melalui media sosial, media elektronik dan media cetak termasuk banner-banner di exit tol atau di jalan persimpangan menuju Situbondo – Banyuwangi, sehingga pengguna jalan dapat mengetahui informasi adanya penggantian jembatan ini.” imbuhnya.

Seperti diketahui, Jembatan Alas Bulu I memiliki panjang 9,10 meter lebar 7,3 meter dibangun  sebelum tahun 1942,  Jembatan Alas Bulu II memiliki panjang 3.70 meter lebar 9,9 meter dibangun tahun 1988 dan pada tahun 2021 jembatan mengalami kerusakan yaitu ambrol akibat tidak mampu menampung derasnya air hujan dan di bangun jembatan sementara.  Untuk jembatan Jembatan Curah Sawo memiliki Panjang 11,7 meter lebar 11 meter dibangun  sebelum tahun 1942. Sedangkan  Jembatan Wongsorejo memiliki panjang 4,5 meter lebar 8 meter dibangun sebelum tahun 1942. (Pca/hjr)

#BBPJN