Selasa, 7 Mei 2024

BBPJN Jatim – Bali : Fly Over Aloha Akan Fungsional Digunakan pada Akhir 2023

Diunggah pada : 28 Agustus 2023 9:41:24 118
PPK 3, 4 Provinsi Jawa Timur Wilayah Surabaya – Waru – Sidoarjo BBPJN Jatim – Bali, I Made Gede Widhiyasa. (Pca)

Jatim Newsroom - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali menyatakan bahwa Fly over aloha di Sidoarjo ditargetkan bisa fungsional pada akhir tahun 2023 atau digunakan saat natal dan Tahun baru 2024.

PPK 3, 4  Provinsi Jawa Timur Wilayah Surabaya – Waru – Sidoarjo BBPJN Jatim – Bali, I Made Gede Widhiyasa dikonfirmasi, Senin (28/8/2023) mengatakan pembangunan Fly Over (FO) Aloha ditargetkan mencapai 90 persen pada akhir tahun 2023 dan sudah bisa digunakan. “Dalam hal kewenangan untuk pembukaan atau boleh beroperasi, bahwa kita nanti akan berkoordinasi dengan forum lalu lintas,”katanya.

Sebelum dipastikan bisa digunakan, fly over tersebut akan terlebih dahulu dilakukan uji layak fungsi untuk memastikan keamanan pengendara dan bangunan layang itu. "Kalau memang sudah dirasa jalan FO A dan B bisa fungsional, maka akan dibuka untuk lalu lintas, tetapi jika nantinya memang dirasa belum bisa untuk dibuka atau beroperasi maka tidak akan dibuka dulu. Tapi kita ditarget bangunan utama FO A dan B itu, termasuk aspal di atasnya dan perlengkapan jalan sudah bisa selesai di akhir tahun 2023,” jelasnya.

Target pembangunan tersebut, ia mengatakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan askes jalan untuk mengatasi kemacetan di wilayah Aloha. Apalagi menurutnya, akhir tahun merupakan waktu yang berpotensi jalanan bertambah padat, karena adanya libur panjang natal dan tahun baru. “Oleh karena itu, diharapkan akhir tahun waktu Natal itu bisa fungsional. Target pelaksanaan percepatan 90 persen itu nanti, bangunan utama dan juga pekerjaan mayor sudah terselesaikan. Nanti untuk kontrak sendiri, target 100 persennya April 2024,” tuturnya.

Untuk menuju tahap fungsional nanti, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat, Dinas Perhubungan, Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Provinsi.

Sementara saat ini, ia mengatakan, pengerjaan pembangunan fly over itu sedang fokus pada tahap konstruksi, terutama pemasangan erection girder, yang akan mulai dilakukan pada 27-29 Agustus 2023. Selama proses pengerjaan, pihaknya mengaku berjalan dengan lancar, karena selain terbangunnya koordinasi, juga didukung oleh cuaca yang bagus untuk mengerjakan pembangunan fly over tersebut. (pca/hjr)

#BBPJN