Senin, 6 Mei 2024

RSPAL dr Ramelan Jadi Percontohan BLU Faskes TNI AL se-Indonesia

Diunggah pada : 18 Oktober 2023 9:01:02 134
Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr Benny Jovie, Sp.JP., FIHA memberikan keterangan ke awak media di sela Bimtek Pengelolaan Keuangan BLU, Rabu (18/10/2023)

Jatim Newsroom- Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr Ramelan Surabaya, menjadi percontohan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) bagi fasilitas kesehatan (Faskes) Angkatan Laut (AL) se-Indonesia.

BLU merupakan salah satu bentuk perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Hal ini diatur dalam Perpres No 23/2005 dan Permendagri Nomor 61/2007 yang mengatur tentang pengelolaan keuangan BLU. Aturan ini menjadi landasan hukum bagi rumah sakit pemerintah, untuk lebih otonom dalam mengelolah keuangan untuk pengembangan dan kemajuan pelayanan rumah sakit.

Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr Benny Jovie, Sp.JP., FIHA di sela Bimtek Pengelolaan Keuangan BLU, Rabu (18/10/2023) mengatakan, prinsip efisiensi harus menjadi bagian dari sistem manajemen, sebagai starting point untuk meningkatkan sistem manajemen di rumah sakit pemerintah.

Sehingga rumah sakit ini dalam pengelolaan yang lebih berjiwa entrepreneurship dengan menerapkan konsep bisnis secara sehat. Masing-masing lembaga bisa meningkatkan daya saing dan mewujudkan kemandirian ekonomi. "Faskes TNI Angkatan Laut menjadi yang pertama yang sudah menjadi BLU, RSPAL dr Ramelan Surabaya menjadi percontohan untuk faskes TNI AL di seluruh Indonesia," kata Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya.

Dengan menjadi BLU, ada sejumlah keunggulan yang didapat rumah sakit, dalam pengelolaan keuangan misalnya, bisa lebih memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik bisnis yang sehat. Arahnya, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk memajukan kesejahteraan.

"Kami sebagai bagian dari institusi pemerintah, berupaya untuk menjadi BLU. Dengan menjadi BLU, kami memiliki kemandirian dan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan sesuai koridor. fleksibilitas dan kemandirian, RS memiliki daya enterpenship dalam pengembangan RS tanpa bergantung atau membebani pemerintah. Kami juga bisa meningkatkan keunggulan RS yang nantinya juga kembali kepada masyarakat," tuturnya.

Sebagai faskes TNI AL pertama yang telah menjadi BLU, RSPAL dr Ramelan Surabaya menggelar Bimtek Pengelolaan Keuangan BLU selama dua hari, 18-19 Oktober 2023. Pesertanya, merupakan faskes TNI AL se-Indonesia."Tujuan utamanya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman BLU. Ini menjadi modal untuk pengelolaan keuangan BLU di jajaran Faskes TNI Angkatan Laut, baik yang sudah BLU maupun yang akan menjadi BLU," jelas dr Benny Jovie.

Kepala Dinas Kesehatan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Dr dr RM Tjahja Nurrobi, M.Kes., Sp.OT (K) Hand juga memberikan Opening Remark secara virtual melalui zoom. Acara ini menghadirkan sembilan pembicara, di antaranya, Kepala Kanwil DJPb Jatim Taukhid.,SE.,M.Sc.IB.,M.B.A, Ahli Hukum Keuangan Negara Drs. Siswo Sujanto., DEA, Kasi PPA I-C Kanwil DJPb Jatim Tri Usodo, SE., M.M. dan beberapa pembicara lainnya.(hjr)

#TNI AL #RSPAL dr Ramelan Surabaya