Kamis, 25 Juli 2024

Rapat Pleno EPSS, Kadis Kominfo Jatim Harapkan Evaluasi Data Sektoral Makin Baik

Diunggah pada : 16 Maret 2023 19:09:16 46
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita (depan kerudung hijau) saat sesi foto bersama pada kegiatan Rapat Pleno EPSS di Hotel Santika Surabaya, Kamis (16/3/2023). Foto : Vicky / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menghadiri kegiatan Rapat Pleno Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang digelar Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim), pada Rabu (16/3/2023). Ia berharap, dengan kegiatan ini data sektoral semakin dievaluasi dengan baik.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan, di Hotel Santika, Surabaya itu dimaksudkan untuk mendapatkan titik harmonisasi atau keselarasan nilai capaian penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten/Kota yang telah mengikuti rangkaian uji coba EPSS tahun 2022 sebelum ditetapkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Saat ditemui, Kadis Kominfo Jatim Sherlita menyampaikan, bahwa harapannya dengan kegiatan Rapat Pleno EPSS ini semoga data sekotral semakin dievaluasi dengan baik supaya bisa digunakan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakannya demi kesejahteraan masyarakat.

“Tidak hanya hasil dari pleno ini akan dibawa ke Nasional tapi ada dampak lain yang kemudian bisa didapatkan. Sehingga bisa dipakai pimpinan kita untuk menentukan kebijakan,” harap Sherlita.

Sherlita pun sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPS Jatim karena sudah menginisiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi penguat yang merupakan salah satu dari tiga pilar pembangunan data statistik yang terdiri dari BPS, Bappeda dan Diskominfo Jatim. Hal ini sekaligus jadi semacam trigger agar ke depan lebih baik.

Lebih lanjut dikatakan Sherlita, masing-masing perangkat daerah sebenanya sudah memproduksi data namun masih perlu ditata. “Sehingga secara kriteria BPS, prinsip satu datanya bisa terpenuhi dan itulah mengapa perlu penguatan antara Kominfo, BPS dan Bappeda,” kata Sherlita.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan Sherlita kepada BPS Kabupaten/Kota, karena menurutnya, data yang dimiliki Kabupaten/Kota itu juga merupakan salah satu sumber data untuk SATA Jatim. (vin/s)

#Kadis Kominfo Jatim #BPS Jatim #sata jatim #EPSS