Kamis, 25 Juli 2024

Rahmat dan Maghfiroh adalah Kebutuhan Umat Manusia

Diunggah pada : 4 April 2023 19:12:50 9531
Ustd. AAF Abdul Kafi, Foto : Ryanda Ramadhan - JNR

Jatim Newsroom - Rahmat (kasih sayang) dan maghfiroh (ampunan) adalah kebutuhan umat manusia ketika menjalani kehidupan di dunia ini.  

Hal tersebut disampaikan Ustd. AAF Abdul Kafi, pada saat memberikan ceramah pada Kajian Ramadan menjelang berbuka puasa di hari ke-13 dengan tema "Menggapai Rahmat dan Maghfiroh di Bulan Ramadhan" di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur Jl. Raya Dukuh Kupang Surabaya, Selasa sore (2/4/2023).

“Ketika kita ingin mendapatkan kebahagiaan dan keburuntungan di dunia ini, maka kita harus mendapatkan rahmat dan maghfironya Allah SWT. Karena sebagai umat manusia, Allah memberikan satu ruang lingkup kebebasan kepada kita untuk memilih melakukan segala hal di dalam kehidupan ini, dimana pilihan itu bisa mendapatkan pahala atau mendapatkan dosa – dosa,“ jelasnya.

“Sifat manusia dengan hawa nafsunya, dengan keinginan – keinginannya sangat memungkinkan sekali untuk terjerumus ke dalam dosa – dosa. Oleh sebab itu rahmat dan maghfiroh adalah kebutuhan pokok di dunia ini.  Jika tanpa rahmat dan maghfirohnya Allah SWT maka kita tidak akan ada artinya,“ tambahnya.  

AAF Abdul Kafi juga mengatakan pada momentum bulan ramadhan ini, bulan yang penuh dengan keberkahan, marilah meraih dan medapatkan rahmat dan maghfirohnya Allah SWT.

“Jangan sampai kita termasuk golongan orang – orang yang didoakan Malaikat Jibril, yang doa itu diaminkan Nabi Muhammad SAW, adalah celakalah bagi orang – orang yang melewati Bulan Ramadhan akan tetapi dia tidak mendapatkan maghfiroh dari Allah SWT. Oleh karena itu dalam momemtum ini mari untuk memperbanyak istighfar, barangkali masih ada dosa – dosa yang kita lakukan di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini. Dengan Istighfar kita akan mendapatkan maghfirohnya Allah SWT,” Jelasnya.

Pada hari yang sama, di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur juga diselenggarakan Sholat dan Kajian Tarawih dengan tema kajian "Hakekat Penciptaan Manusia" yang disampaikan oleh Drs. H. Ahmadi dan sebagai Imam adalah Ust. H. Qomaruddin, S. Ag. (yan/n)

 

#kominfo jatim