Jumat, 3 Mei 2024

Puskesmas Ngrayun di Ponorogo Rintis Posyandu Ibu Hamil

Diunggah pada : 22 Agustus 2023 20:03:25 155

Jatim Newsroom - Layanan pos pelayanan terpadu (posyandu) semakin lengkap. Setelah posyandu balita dan lansia, kini muncul rintisan posyandu ibu hamil yang diinisiasi oleh Puskesmas Ngrayun Kabupaten Ponorogo.

“Posyandu ibu hamil sekarang ini sudah berjalan baik di Desa Selur Ponorogo karena pemerintah desa setempat mendukung penuh,” kata Widiyanti, Bidan Koordinator Puskesmas Ngrayun,  Senin (21/08/2023).

Menurut dia, pemantauan kesehatan ibu di masa hamil amat penting. Melalui posyandu ibu hamil, kehamilan akan terpantau lebih intens. Bersamaan itu, edukasi tentang kesehatan ibu dan janin akan berlangsung berkala. “Sesama ibu hamil yang menjadi peserta posyandu juga dapat saling berbagi ilmu serta informasi seperti jadwal periksa ke bidan,” jelasnya.

Selama ini sudah ada layanan antenatal care (ANC) terpadu bagi ibu hamil pada semester satu dan semester tiga. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter, bidan, disertai cek laboratorium. Kata Widiyanti, posyandu ibu sedang dirintis di Desa Cepoko, Baosan Kidul, Gedangan, dan Temon. (why)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo