Sabtu, 27 April 2024

Program Desa Bangun Sejahtera Indonesia Klaster Domba Kambing Ada di Mojokerto

Diunggah pada : 11 Maret 2024 19:55:29 37
Program Desa Bangun Sejahtera Indonesia Klaster Domba Kambing Ada di Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Kabupaten Mojokerto memiliki program Desa BSI (Desa Bangun Sejahtera Indonesia) Klaster Peternakan Domba dan Kambing. Program besutan BSI Maslahat bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) ini, merupakan salah satu program pengembangan ekonomi masyarakat (mustahik) melalui pendayagunaan Dana Zakat Korporat BSI.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (11/3/2024), Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meresmikan program tersebut di Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

Dalam peternakan dengan luas lebih kurang 2,25 hektar ini, para kelompok peternak Mandiri Makmur Sejahtera akan mengelola kambing dan domba sedikitnya 432 ekor.

Selain itu, dengan diresmikannya Desa BSI Klaster Peternakan Domba dan kambing, membuat Desa Banyulegi menjadi Desa ke 20 di seluruh Indonesia yang difasilitasi oleh BSI Maslahat dalam mengembangkan ekonominya.

Bupati Ikfina mengungkapkan dengan mengaplikasikan desain peternakan modern seperti ini, tidak hanya terlihat bersih akan tetapi juga akan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam dunia peternakan.

"Tidak hanya bagus tapi juga estetik, kalau kita membayangkan ini adalah peternakan kambing domba tentu identik dengan hal yang kotor, tapi di sini semuanya bersih. Ini luar biasa dan Alhamdulillah di sini kita bersama-sama menyaksikan desain yang dibuat oleh BSI, peternakan kambing domba yang kemudian dikelola oleh kelompok ternak di Banyulegi," ucapnya.

Selain itu, Bupati Ikfina menjelaskan, pengolahan pakan ternak hingga kotoran hewan yang dikelola sendiri oleh masyarakat Desa, diharapkan dapat memberikan kemanfaatan untuk seluruh masyarakat Desa Banyulegi.

"Kita lihat ini tadi sangat bersih dan semuanya terkelola dengan baik, jadi pakannya itu adalah bahan-bahannya yang ada di Banyulegi itu sendiri, kemudian kotorannya juga dikelola semuanya menjadi pupuk yang bisa digunakan masyarakat Banyulegi nantinya," jelasnya.

Bupati Mojokerto mengharapkan, dengan adanya peternakan modern ini akan menciptakan peternakan bebas sampah serta meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Banyulegi.

"Semoga program BSI ini akan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Banyulegi," pungkasnya. (idc/s)

#peternakan #Kabupaten Mojokerto