Minggu, 5 Mei 2024

Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan UB Gandeng Hokkaido University

Diunggah pada : 23 November 2023 14:42:05 29
Dari ki-ka: Mihrobi Khalwatu Rihmi, M.Si, Wahida Kartika Sari, MSi., Dr. Ledhyane Ika Harlyan, Dr. Eng. Abu Bakar Sambah, Prof. Yasuaki Takagi (Dean of FS-HU), Prof. MATSUISHI Takashi Fritz, Dr. John Bower

Jatim Newsroom - Internasionalisasi Perguruan Tinggi merupakan salah satu target kinerja perguruan tinggi yang diturunkan perjanjian kinerja Departemen Pemanfaatan Sumber daya Perikanan dan Kelautan (PSPK), khususnya kepada Program Studi Pemanfaatan Sumber daya Perikanan (PSP). Salah satu mitra Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) yang masuk ke dalam Perguruan Tinggi QS100 adalah Faculty of Fisheries Sciences Hokkaido University (FS HU).

Mengutip laman resmi UB, Sebagai implementasi inisiasi kerjasama antara kedua institusi, maka sejak 15 November 2018, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FPIK UB dan FS HU yang berlaku hingga 3 Oktober 2027. Beberapa kegiatan juga telah dilakukan antara lain adalah kerja sama penelitian dan summer course Learning Satellite yang melibatkan staf pengajar dan mahasiswa dari kedua institusi.

Untuk memperkuat implementasi MOA kedua institusi, dilakukan Kegiatan Hibah Dosen Berkarya (DOKAR) 2023 dengan melaksanakan kunjungan ke FS HU yang mengusung penguatan implementasi kerjasama pendidikan dan penelitian serta peningkatan kapasitas keilmuan dosen prodi PSP. Kegiatan dilakukan dari tanggal 11 – 17 November 2023 dengan serangkaian kegiatan yang terdiri dari penyusunan kurikulum bersama, researcher fellowship dan yang terakhir adalah diskusi rencana studi lanjut doktoral dosen muda.

Dr. Eng. Abu Bakar Sambah selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa FPIK UB yang juga turut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan adanya kerja sama antara FPIK UB dengan FS HU diharapkan mampu memberikan berkontribusi dalam internasionalisasi institusi.

Lebih lanjut, dengan terlaksananya program ini, FPIK UB dapat meningkatkan kualitas lulusan Pendidikan Tinggi, meningkatnya kualitas dosen, dan kualitas kurikulum dan pembelajaran. (ghf/s)

#universitas brawijaya