Jumat, 20 September 2024

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka MTQ Nasional 2024 di Kaltim

Diunggah pada : 5 September 2024 12:49:06 1112
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/9/2024). Foto : Istimewa

Jatim Newsroom - Kalimantan Timur siap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional 2024, dan acara pembukaannya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar di Kompleks Global Kadri Oneing, Sempaija, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 8 September 2024, pukul 19.00 WIB.

 

Nantinya Presiden Jokowi akan didampingi oleh sejumlah menteri dan duta besar negara-negara sahabat serta kepala daerah, DPRD, Ketua PTQ Nasional dan tamu undangan lainnya. “Beliau senang sekali Pak Presiden memberikan dukungan yang penuh ya dan beliau menyampaikan agar penyelenggaraan, panitia penyelenggara, pemerintah provinsi, bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) terkait dan juga Kementerian Agama untuk melakukan langkah pelayanan yang baik,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

 

MTQ Nasional merupakan ajang bergengsi yang mengumpulkan para hafiz dan hafizah dari seluruh Indonesia untuk berlomba dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Tahun ini, Kalimantan Timur akan menambah kehormatan dengan menyelenggarakan acara yang sangat dinantikan ini.

 

MTQ Nasional adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah dan masyarakat dalam mempromosikan dan memperkuat pemahaman serta pengamalan ajaran Al-Qur’an. Selain menjadi wadah bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan mereka, MTQ juga bertujuan untuk mempererat ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an.

 

Kalimantan Timur, dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya, telah dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan MTQ Nasional 2024. Provinsi ini dikenal dengan keragaman etnis dan adat istiadat yang unik, serta memiliki potensi besar dalam menyelenggarakan acara berskala nasional. Pemilihan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah merupakan kesempatan bagi provinsi ini untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengorganisir acara besar serta mempromosikan destinasi wisata lokal.

 

Hadirnya Presiden Jokowi menandakan dukungan dan perhatian tinggi dari pemerintah terhadap pelaksanaan MTQ Nasional 2024 di Kalimantan Timur. Selain itu, kehadiran Presiden Jokowi tidak hanya memberikan dorongan moral bagi para peserta, tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam memperkuat dan memajukan kegiatan keagamaan di Indonesia. Pembukaan oleh Presiden diharapkan akan menjadi momen bersejarah dan memberikan semangat tambahan bagi semua pihak yang terlibat.

 

Pj Gubernur Kaltim menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi agar penyelenggaraan MTQ Nasional 2024 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Maka itu, inisiasi dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur dengan membuat semua penyelenggaraan berlangsung full digital. “Karena beliau berharap penyelenggaraan MTQ ini menjadi MTQ yang betul-betul lebih hebat dari pertemuan sebelumnya, maka kita sudah sampaikan juga kepada beliau, ini kita akan full digital, pendekatan digital sekarang,” bebernya.

 

Dikarenakan diselenggarakan di Kalimantan Timur, Akmal optimistis akan ada dampak yang positif untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia pun percaya MTQ Nasional 2024 juga merupakan bentuk dukungan Provinsi Kaltim terhap kemajuan IKN. “Penting kita sampaikan, kita berharap pelaksanaan MTQ ini bisa juga mendongkrak atensi terhadap dukungan kita terhadap Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya. (hjr)

#MTQ Nasional Kaltim