Jumat, 3 Mei 2024

Prajurit Yontankfib 2 Mar Laksanakan Pemeliharaan dan Perawatan Ranbeng TRM 80

Diunggah pada : 21 Maret 2024 18:24:39 28

Jatim Newsroom - Dalam rangka menjaga kesiapan operasional tempur satuan, Prajurit Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir (Yontankfib 2 Mar) melaksanakan  pemeliharaan dan pemeliharaan Kendaraan Bengkel (Ranbeng) TRM 80 (Ural 4320) di Garase Ranpur Yontankfib 2 Mar Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Kamis (21/03/2024).

Rangkaian pemeliharaan rutin diantaranya meliputi pemanasan, pengecekan oli, radiator, sistem pengereman, kondisi ban dan pengecekan fungsi crane sebagai sarana evakuasi.

Dalam satuan Kavaleri, keberadaan kendaraan reparasi memiliki urgensi yang sangat vital. Ranbeng TRM 80  dengan platform (Ural 4320) jenis kendaraan general purpose off road buatan Rusia yang merupakan kendaraan bengkel untuk mendukung mobilitas materiil tempur yang di dalamnya dilengkapi dengan alat perbengkelan dan crane yang berfungsi memberikan bantuan perbaikan dan evakuasi Kendaraan Tempur (Ranpur) lapis baja atau Kendaraan Taktis (Rantis).

Dimana kendaraan ini juga memiliki sarana komunikasi yang kompatibel dengan alat komunikasi yang dimiliki Ranpur Tank BMP 3F, sehingga memudahkan dalam berkoordinasi baik di daerah operasi maupun latihan.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa Ranbeng TRM 80 (Ural 4320) memiliki mobilitas dan fleksibilitas yang sangat baik dimedan lapangan.

Dalam pesannya Komandan mengatakan, “Laksanakan pemeliharaan dan perawatan secara berkala. Di samping berguna untuk kesiapan operasional satuan, tindakan ini juga sebagai wujud profesionalisme prajurit Jalasena satuan Kavaleri Korps Marinir TNI AL.” (raf/hjr)

#Koarmada II