Jumat, 3 Mei 2024

Ponorogo Pecahkan Rekor MURI Pagelaran Gerak dan Lagu Anak Usia Dini

Diunggah pada : 15 Juni 2023 13:40:33 37
Bupati Sugiri Sancoko saat menari bersama anak-anak di panggung utama Alun-Alun Ponorogo, Rabu (14/6/2023). foto : Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Bukan pekerjaan ringan mengumpulkan sebanyak 17.891 anak-anak di sebuah lapangan besar. Mereka adalah peserta pendidikan anak usia dini (PAUD) se-Kabupaten Ponorogo yang ikut dalam pagelaran gerak dan lagu dengan tema “Sukseskan Gerakan Transisi dari PAUD ke SD yang Menyenangkan.”

Kegiatan yang berlangsung di Alun-Alun Ponorogo, Rabu (14/6/2023), itu akhirnya tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). “Tercatat sebagai pagelaran gerak dan lagu oleh anak usia dini dengan peserta terbanyak,” kata Sri Widayanti, perwakilan dari MURI.

Ida, sapaan Sri Widayant, juga menjadi saksi ketika belasan ribu anak-anak di Ponorogo serentak mementaskan tari Krido Warok Cilik hingga memecahkan rekor 

MURI di Alun-Alun setempat, pada 15 Juni 2022 lalu. “Agenda tahunan yang rutin digelar di Ponorogo dan selalu ditandai dengan pencatatan rekor MURI,” terangnya.

Bupati Sugiri Sancoko dan Susilowati, Bunda PAUD Ponorogo, selalu ikut hadir pula menandai dua kali pemecahan rekor itu. Kang Bupati dan istrinya turut menari dalam acara Gebyar PAUD 2023 itu.

“Ini salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pendidikan anak usia dini,” ungkap Kang Bupati.

Pihaknya mengapresiasi kerja sama sejumlah pihak yang telah mendukung acara Pagelaran Gerak dan Lagu Anak PAUD dengan titel “Ceria Merah Putih,

Aku Bangga Jadi Anak Ponorogo” itu.

“Hasil kerja keras semua pihak sehingga tercatat kembali di museum rekor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Nurhadi Hanuri mengatakan bahwa pihaknya berupaya menjadikan transisi dari PAUD ke sekolah dasar (SD) sebagai hal yang menyenangkan. "Pendidikan anak usia dini sejatinya hanya bermain, bernyanyi dan berinteraksi bersama teman-temannya,” ungkap Nurhadi. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo