Minggu, 5 Mei 2024

Ponorogo Masif Turunkan Stunting di Angka Lima Persen

Diunggah pada : 26 Juli 2023 3:23:36 37
Bupati Sugiri Sancoko ditemani Kepala Dinas Kadinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti dan camat Bungkal makan pisang bersama kader posyandu, Selasa (25/72023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Penanganan  stunting di Ponorogo semakin masif. Kader pos pelayanan terpadu (posyandu) siap menjadi garda depan penurunan prevalensi kasus anak balita gagal tumbuh akibat akumulasi ketidakcukupan zat gizi itu. Bahkan, kader posyandu di Kecamatan Bungkal berani pasang target menekan stunting tinggal di angka lima persen.

Saat berkunjung ke Kecamatan Bungkal, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, langsung menjanjikan hadiah Rp 50 juta bila mampu mencapai target penurunan angka stunting. Bupati Sugiri hadir  bersama Kadinkes Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti, dalam acara implementasi gerakan masyarakat hidup sehat (germas), Selasa (25/7/2023). “Kalau terealisasi (angka stunting lima persen), kita siapkan bonusnya 50 juta,'' kata Kang Bupati.

Pemkab Ponorogo menargetkan penurunan stunting di angka tujuh persen pada tahun ini.  Bupati menegaskan, memperbaiki kualitas generasi penerus menjadi hal yang prinsip. Tidak hanya perkembangan fisiknya yang dipantau, melainkan juga  pendidikan, sumber daya manusia (SDM, dan ahklaknya. ''Semuanya harus berkualitas, Ponorogo sudah mencanangkan banyak hal untuk menekan stunting,” tegasnya.

Pihaknya menempatkan kader posyandu sebagai garda depan menangani stunting karena selama ini sudah gencar mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat.  Kang Bupati mengacungkan jempolnya untuk kader posyandu yang sudah melakukan sesuatu untuk Ponorogo, Indonesia, dan peradaban masa depan itu. ''Kita harus bersinergi dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama,'' jelasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo