Kamis, 2 Mei 2024

Polresta Probolinggo Ajak Masyarakat Tanam Mangrove

Diunggah pada : 24 Agustus 2023 9:35:30 29
Sumber foto : Dok. Diskominfo Kota Probolinggo

Jatim Newsroom – Peringati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Polresta Probolinggo menggelar pelestarian leingkungan dengan menanam pohon mangrove yang mengusung tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini, di Pantai Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo.

Sebagaimana dalam rilis Pemkot Probolinggo, Kamis (24/8/2023), kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekkota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati, Wakapolresta Problinggo, Subiyantana, Ketua Pengadilan Negeri Kota Probolinggo, Yusti Cinianus Radjah dan diikuti oleh berbagai unsur masyarakat. Di antaranya dari anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis), kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas), pengurus Bhayangkari, anggota TNI, Polri, pramuka serta segenap perwakilan dari kecamatan dan kelurahan di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota.

Disampaikan dalam laporan apel, Wakapolres Probolinggo Kota mengatakan, kegiatan pelestarian lingkungan ini juga serentak dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepolisian Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan surat perintah melalui telegram Kapolri. “Sesuai dengan surat telegram Kapolri nomor 6609 tanggal 18 Agustus 2023, bahwa untuk penanaman pohon adalah di bibir pantai,” terang Wakapolresta.

Sementara itu, Sekkota Probolinggo, Ninik, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Polres Probolinggo Kota. Menurutnya, kegiatan penanaman pohon di Pantai Permata ini dapat mencegah kerusakan lingkungan karena abrasi. “Agar tidak abrasi, jadi kita harus rajin memang menanam pohon. Sehingga garis pantai ini tidak terkikis. Sekali lagi kami dari Pemerintah Kota Probolinggo mengucapkan terima kasih untuk inisiasi kegiatan tanam pohon pada pagi hari ini,” terangnya

Pada kesempatan ini, Polres Probolinggo Kota sebagai pelaksana acara telah menyiapkan 1.409 bibit mangrove untuk ditanam di area sekitar Pantai Permata. Selain penanaman pohon, juga dilaksanakan bersih-bersih pantai, sarapan bersama serta dilanjutkan dengan mengikuti pertemuan daring bersama Kapolri.

Ditemui usai penanaman, salah satu peserta dari Pramuka Auriga Dhiva, mengatakan kegiatan tanam pohon selain bermanfaat untuk kelestarian lingkungan juga sebagai wujud bakti kepada bumi. “Kegiatan seperti ini menurut saya sangat bermanfaat yang pertama untuk lingkungan pastinya. Kemudian untuk teman-teman sendiri bermanfaat sebagai sarana berbakti kepada bumi. Untuk melestarikan dan merawat bumi, seperti itu,” terang siswi SMAN 1 Kota Probolinggo kelas XII itu. (ghf/s)

#kota Probolinggo #penanaman bibit mangrove #HUT RI ke 78