Rabu, 18 September 2024

Polda Jatim Bersinergi Bersama Media Wujudkan Pemilukada Aman dan Damai

Diunggah pada : 27 Agustus 2024 15:04:20 104
Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur bersama insan pers menggelar sarasehan untuk mewujudkan pemilu aman dan damai. (dok. Humas Polda Jatim)

Jatim Newsroom - Guna menciptakan, serta mewujudkan pemilu aman dan damai. Polda Jawa Timur menggelar saresahan menjelang pilkada dengan insan pers di Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan bahwa pentingnya sinergi antara polri dan awak media dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Jatim. “Sinergi polri dan media untuk menjaga kondusifitas kampanye pemilu serentak 2024,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/8/2024).

Kombes Pol Dirmanto menjelaskan, pihaknya akan menggelar sejumlah roadshow dan silaturahmi dengan awak media diberbagai wilayah, termasuk Madura, Jember, Malang, Madiun, dan lainnya. “Kami tetap menjaga komunikasi antara polri dan media berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa disampaikan secara cepat dan akurat,” jelasnya.

Dirmanto menyampaikan, pilkada 2024 ini yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 November mendatang, akan melibatkan pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Jatim serta 38 Pilwali/pilbup di seluruh kabupaten/kota. “Saat ini, tahapan pendaftaran pasangan calon tengah berlangsung, dengan beberapa daerah sudah mulai mendua calonnya,” terangnya.

Dirmanto mengungkapkan, bahwa potensi kera anan selama tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran calon, kampanye, hingga perhitungan suara. “Tiap, tahap pilkada memiliki potensi kerawanan tersendiri seperti gesekan antar pendukung hingga pengumpulan massa. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak termasuk awak media untuk bersama – sama menjaga situasi tetap kondusifi,” ungkapnya.

Menurutnya, selama masa pilkada, Polda Jatim akan menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Mantap Praja yang melibatkan latihan operaei dan penggelaran pasukan terutama di wilayah-wilayah yang sangat rawan seperti Madura. “Kami berharap dengan persiapan yang matang, situasi di Jatim tetap aman dan damai selama proses pilkada,” imbuhnya.

Dirmanto menekankan pentingnya pemberitaan yang akurat, berimbang, dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan undang - undang serta kode etik jurnalistik. “Peran media sangat vital dalam menjaga demokrasi dan menciptakan rasa aman ditengah masyarakat selama pilkada,”katanya.

Kesempatan tersebut, juga melakukan deklarasi dan penandatanganan nota kesepahaman antara polda Jatim dengan para awak media sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengawal pelaksanaan pilkada serentak 2024 di Jatim. Acara ini diakhiri dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan antara pihak kepolisian dan perwakilan media, yang menjadi wujud nyata sinergi antara Polri dan media dalam mengawal Pilkada 2024 agar berlangsung aman dan damai. (pca/hjr)

#Polda Jatim