Senin, 6 Mei 2024

PM Lansia UPT PSTW Jombang Ikuti Bimbingan Mental Sosial dan Kesehatan

Diunggah pada : 20 April 2022 17:56:17 118

Jatim Newsroom - Penerima manfaat (PM) lansia Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim mengikuti bimbingan mental sosial dan kesehatan oleh dosen UINSA Surabaya, Selasa (19/4/2022). 

Bimbingan mental sosial dan kesehatan dilakukan oleh Mei Lina Fitri Kumalasari MKes dan Syafruddin Faisal Thohar MPsi. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali fungsi sosial dalam diri PM agar PM dapat bersosialisasi dengan teman satu UPT maupun dengan masyarakat luar. 

Selain itu, agar PM memiliki rasa percaya diri yang tinggi, meski mereka tinggal di UPT dengan latar belakang kesenjangan sosial. Bimbingan dilakukan dengan melakukan gerakan ringan, bernyanyi, dan tanya jawab. PM terlihat antusias mengikuti kegiatan dan arahan dari dosen penyaji. 

Kegiatan yang dilaksanakan di aula UPT PSTW Jombang ini yang dibuka oleh Kasi Bimbingan Sosial UPT PSTW Jombang, Khusnul Khuluk, dan dihadiri oleh Pekerja Sosial, staf UPT PSTW Jombang, pembimbing dan pengasuh asrama, serta 45 PM lansia.

Kepala UPT PSTW Jombang, Sri Retno Hartiwi, di kantornya Rabu (20/4/2022) mengatakan, penumbuhan rasa percaya diri bagi PM sangatlah penting. Dikarenakan banyak PM yang mengalami keminderan akibat ketidakmampuan, dibuang oleh anaknya, atau ditelantarkan oleh keluarganya. Sehingga penumbuhan kepercayaan diri PM sangatlah penting guna untuk keberlangsungan bersosialisasinya.  

 “Banyak PM baru terkadang mereka merasa terbuang sehingga sampai di panti terlihat minder dan menyendiri. Kebanyakan dari mereka belum bisa menerima keadaan tersebut, sehingga sesampai di panti PM mengalami depresi dan sakit. Ada pula PM baru hanya beberapa bulan mendapatkan pelayanan mereka jatuh sakit karena terlalu terbebani pikiran,” katanya. 

Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Surabaya, Mei Lina Fitri Kumalasari MKes dan Syafruddin Faisal Thohar MPsi menyampaikan ingin mengurangi rasa tersebut, sehingga PM dapat menjadi mahluk sosial dengan baik dan normal. 

“Kami sangat senang dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan PM lansia yang ada di UPT PSTW Jombang, sehingga dapat memberikan solusi ataupun penguatan mengenai permasalahan yang telah dihadapi. Kegiatan ini merupakan layanan dukungan dari UINSA Surabaya, yang berfokus pada penumbuhan rasa kepercayaan diri PM. Hal ini penting untuk memastikan agar PM menjadi mahluk sosial yang seutuhnya,” terangnya (her)

#jatim #dinsos