Rabu, 19 Juni 2024

PKBI Jatim Beri Pelatihan Membatik ke ABH di LPKA Kelas 1 Blitar

Diunggah pada : 28 Juni 2023 19:45:27 46
Program Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Minat Bakat Membatik Ciprat pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas 1 Blitar.

Jatim Newsroom – Program Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Minat Bakat Membatik Ciprat pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas 1 Blitar. PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan Rumah Kinasih Blitar untuk mewujudkan Inklusi sosial pada anak Berhadapan Hukum (ABH).

Pelatihan diberikan kepada 15 ABH, diantaranya 1 ABH Disabilitas dan 1 ABH Perempuan. ABH mendapatkan kesempatan baru untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan keterampilan seni mereka melalui pelatihan membatik ciprat.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada ABH, memberikan mereka kesempatan untuk menggali bakat seni mereka, dan memperluas keterampilan mereka. Pelatihan ini didesain khusus untuk memberikan keterampilan baru kepada mereka dan membantu mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia pekerjaan setelah mereka bebas kelak.

"Pelatihan membatik ciprat ini, merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengalaman positif kepada anak-anak yang berada dalam lingkungan LPKA Kelas 1 Blitar. Kami berharap melalui seni dan keterampilan yang mereka pelajari, anak-anak ini akan mampu menemukan kekuatan dalam diri mereka dan melihat masa depan yang lebih baik,”kata Sugeng, Kepala Sub Bagian Pendidikan LPKA Kelas 1 Blitar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6/2023).

Seperti diketahui, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari penuh yang berlokasi LPKA Kelas I Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh petugas LPKA Kelas I Blitar dan pelatih membatik dari Rumah Kinasih Blitar.

Selama pelatihan, anak binaan akan diajari oleh instruktur berpengalaman yang memahami teknik membatik ciprat dengan baik. Mereka akan memperoleh pemahaman mendalam tentang berbagai motif dan desain yang dapat diaplikasikan dalam batik ciprat mereka.

“Dalam proses membatik, anak-anak akan belajar tentang kesabaran, ketekunan, dan kecermatan dalam setiap langkah proses membatik. Keterampilan ini dapat memberikan landasan yang kuat bagi mereka untuk mencapai kesuksesan di masa depan,” pungkasnya. (pca/hjr)

#Kanwil Kemenkumham Jatim #lapas