Minggu, 5 Mei 2024

Pertama, Jatim Gelar Digital Leadership Academy (DLA) Tahun 2023

Diunggah pada : 22 November 2023 12:29:02 251
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy "East Java Smart Digital Leaders" di Grand Mercure Malang Mirama, Kota Malang, Rabu 22 November 2023. Foto: Herlambang JNR

Jatim Newsroom - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2023. Kegiatan ini sebagai inisiatif untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan di era digital. 

Program ini dirancang untuk membekali para pemimpin dengan pengetahuan dan keterampilan terkini dalam memanfaatkan teknologi untuk memajukan pelayanan publik dan pembangunan daerah. DLA diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemimpin untuk berbagi pengalaman dan ide inovatif guna menciptakan pemerintahan yang efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam sambutan pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy "East Java Smart Digital Leaders" di Grand Mercure Malang Mirama, Kota Malang, Rabu 22 November 2023, mengatakan, Provinsi Jawa Timur harus dikelola secara profesional. Untuk menuju hal itu, tentunya menghadapi banyak tuntutan dan tantangan. Maka solusinya adalah digitalisasi.

Menurutnya, digitalisasi hanyalah soal budaya dan kemauan. Jatim harus menjadi lokomotif tranformasi digital untuk melayani lebih dari 40 juta penduduknya. 

"Kami mengucapkan terima kasih Pelatihan Digital Leadership Academy ini diselenggarakan di Jatim. Kegiatan ini akan menjadikan smart leadership," terangnya.

Lebih lanjut Wagub Emil menambahkan, Indeks Masyarakat Digital dan Indeks Literasi Digital Jawa Timur  pada tahun 2022 selalu berada diatas rata-rata nasional.

Indeks Literasi Nasional di tahun 2022 adalah sebesar 3,54. Sementara Indeks Literasi Digital Jatim di tahun 2022 sebesar 3,58. Angka ini meningkat dari tahun 2021 yaitu 3,55.

Kepala BPSDM Jatim, Ramliyanto menambahkan, kegiatan Digital Leadership Academy (DLA), Provinsi Jawa Timur, Tahun 2023 ini, merupakan respon konkrit Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap peta jalan reformasi birokrasi di Indonesia, yang di fokuskan pada terwujudnya birokrasi yang berdampak, yang dicirikan oleh birokrasi yang semakin efektif, efisien, lincah dan adaptif, sehingga setara dengan birokrasi berkelas dunia.

Penerapan digitalisasi administrasi pemerintahan diyakini menjadi salah satu cara yang efektif untuk melahirkan birokrasi yang lincah dan adaptif dimaksud, karena semua aktivitas pemerintahan  terintegrasi dalam sebuah ekosistem digital yang modern. Akselerasi digitalisasi pemerintahan juga dipercaya dapat membawa transformasi reformasi birokrasi di tahun 2025 menuju dynamic governance, sebagaimana birokrasi di negara-negara maju di dunia.

Kegiatan Digital Leadership Academy ini juga merupakan bentuk “Gerak Cepat” tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur dan Kepala BPSDM Kementerian Kominfo pada tanggal 1 Oktober 2023 yang lalu.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Digital Leadership Academy merupakan bagian dari agenda program prioritas nasional dalam pengembangan sumberdaya manusia bidang digital yang komprehenshif dan berkelanjutan di level kepemimpinan era digital.

DLA Jawa Timur 2023 ini dilaksanakan  mulai tanggal 22 November 2023 sampai dengan tanggal 13 Desember 2023 (16 hari efektif). DLA Jawa Timur 2023 dilaksanakan dengan metode Blended Learning  dengan jadwal penyelenggaran sebagai berikut :

a. Tanggal 22 s/d 23 November 2023 untuk  sesi pembelajaran tatap muka;

b. Tanggal 24 November s/d  8 Desember 2023 untuk sesi pembelajaran dalam jaringan, berupa penyampaian materi pelatihan dan pembimbingan;

c. Tanggal 12-13 Desember 2023 untuk sesi pembelajaran tatap muka lanjutan berupa Seminar Rencana Tindak Lanjut dan Evaluasi.(jal/hjr)

#Wakil Gubernur Jatim