Sabtu, 20 Juli 2024

Wagub Emil : Forum Rektor Indonesia Bisa Jadi Lokomotif Kemajuan Bangsa

Diunggah pada : 16 Januari 2024 6:40:15 74
Peserta Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia pada Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi Surabaya melakukan foto bersama Pimpinan OPD Pemprov Jatim dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. Foto: Wahyu Amrullah

Jatim Newsroom - Setelah resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo, di Universitas Negeri Surabaya, Senin pagi, peserta Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia menggelar Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi Surabaya, dihadiri para rektor, pimpinan perguruan tinggi ternama, serta pimpinan OPD Pemprov Jatim.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap keberhasilan Forum Rektor Indonesia. Ia menekankan bahwa forum ini tidak hanya sekadar pertemuan rutin, tetapi merupakan "lokomotif" yang membawa arah dan visi untuk masa depan Indonesia. "Masa depan Indonesia ada di sini," ujar Wakil Gubernur, mencerminkan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pembangunan bangsa.

Wagub Emil juga menyoroti proporsi kecil lulusan perguruan tinggi di Indonesia dibandingkan dengan jumlah penduduknya yang besar. Meskipun demikian, ia meyakinkan bahwa kontribusi dari para lulusan tersebut sangatlah signifikan. "Kita tidak boleh melihat dari jumlah, tetapi dari kualitas dan dampak yang dihasilkan," tegasnya, di Gedung Negara Grahadi, Senin (15/1/2024) malam. 

Gala Dinner ini tidak hanya menjadi momentum untuk perbincangan formal, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan pertukaran ide di antara tokoh-tokoh pendidikan. Suasana penuh semangat terasa sepanjang malam, diperkuat dengan penampilan seni tarian dan hidangan yang disajikan.

Acara semakin meriah dengan kehadiran pimpinan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, menciptakan kesempatan untuk memperluas jaringan kerja dan kolaborasi lintas perguruan tinggi. Kehadiran Wakil Gubernur Jatim turut memberikan semangat tambahan bagi para peserta.

Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menghadapi tantangan masa depan. Malam Gala Dinner ini menjadi bukti nyata semangat bersama untuk memajukan dunia pendidikan di tanah air.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi membuka kegiatan Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Presiden datang dan didampingi sejumlah menteri, termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Turut  hadir, yakni Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Sebelum meresmikan, Jokowi sempat memberikan sambutan. Pada sambutan akhir, ia mengajak semua perguruan tinggi untuk saling berkolaborasi. Agar, hasil yang tumbuh dapat memberikan dampak bagi kemajuan negara. (jal/hjr)

 

#Wakil Gubernur Jatim