Jumat, 20 September 2024

Perkuat Kolaborasi Pendidikan, Indonesia-Australia Tingkatkan Tata Kelola dan Manajemen Universitas

Diunggah pada : 13 Juni 2024 20:58:11 50
Foto : Konjen Australia

Jatim Newsroom – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia memperkuat kolaborasi pendidikan dengan meningkatkan tata kelola dan manajeman universitas. Kolaborasi tersebut diperkuat dalam agenda forum pertemuan Australia – Indonesia di Surabaya pada Rabu (12/6/2024). 

Melalui pers rilis Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, pada Kamis (13/6/2024), disampaikan bahwa agenda Forum Australia-Indonesia ini dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah dan pimpinan sejumlah universitas Indonesia yang berbasis di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Maluku dan Sulawesi Utara, serta perwakilan Australia dari Central Queensland University dan Western Sydney University. Kagiatan ini juga sebagai bagian dari perayaan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia yang ke-75 tahun, 

Pertemuan antara kedua negara ini diprakarsai oleh Departemen Pendidikan Australia, yang menggarisbawahi kuatnya kolaborasi pendidikan antara Indonesia dan Australia. Konsul Jenderal Australia di Surabaya, Anthea Griffin menjelaskan, forum ini tidak hanya menyoroti komitmen antara kedua negara tapi juga mendorong kolaborasi antara keduanya. 

“Pendidikan selalu menjadi landasan hubungan kami dengan indonesia. forum ini tidak hanya menyoroti komitmen kami untuk mendorong kolaborasi yang lebih besar antar universitas kita, tapi juga menegaskan kembali visi kami dalam mendukung kemajuan pendidikan tinggi di indonesia,” jelas Anthea. 

Foto : Konjen Australia

Sementara itu, Konselor Pendidikan dan Penelitian di Kedutaan Besar Australia, Han Xiao mengatakan, forum ini menyediakan wadah untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman mengenai praktik terbaik dalam manajemen universitas. 

“Selain itu juga menyediakan model tata kelola yang sukses dan dapat diadaptasi untuk meningkatkan kualitas dan daya saing universitas di Indonesia,” kata Han Xiao. 

Inisiatif ini dibangun berdasarkan sejarah panjang hubungan antar masyarakat dan kelembagaan antara Indonesia dan Australia, dan mencerminkan komitmen bersama kedua negara untuk memperdalam kerja sama pendidikan. (vin/s)

#Konjen Australia

Berita Terkait

Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik
Konjen Australia Gelar FSAI
7 Juni 2024
thumb