Senin, 20 Mei 2024

Peringati Maulid Nabi, Poltekbang Surabaya Bentuk Taruna Berkarakter dan Berakhlak

Diunggah pada : 16 Oktober 2023 9:33:02 44
Peringatan Maulid Nabi di Poltekbang Surabaya

Jatim Newsroom - Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Acara digelar dengan mengundang Ustadz Misbahul Munir di Gedung Serba Guba Poltekbang Surabaya diikuti oleh seluruh taruna/taruni serta civitas akademika.

Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini selain menerapkan pendidikan formal dengan kedisiplinan tinggi, tak lupa memberikan penguatan agama kepada para taruna/taruni untuk membentuk karakter yang baik dan berakhlak mulia.

Direktur Poltekbang Surabaya, Agus Pramuka mengatakan Poltekbang rutin menggelar peringatan acara semacam ini. Selain sebagai bentuk cinta umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW, acara ini juga bermanfaat untuk meneladani dan menerapkan nilai-nilai ajaran Rasulullah di kehidupan sehari-hari.

“Kita mencontoh keteladanan nabi kita, harus ingat perjuangan beliau semasa menyebarkan agama Islam. Bagaimana beliau bisa menjaga dirinya dengan baik sampai wafat. Keteladanan itulah yang harus kita tiru sebetulnya,” kata Agus, Minggu (15/10/2023).

Ia menyebut hal-hal yang dilakukan ini bukan hanya perayaan semata. Momen maulid nabi juga bisa mengajarkan pendidikan agama kepada para taruna/taruni.

“Para taruna/taruni dan kita semua ini harus mencontoh apa yang telah diajarkan oleh nabi kita. Dari segi perilaku, tutur kata, kasih sayang dengan sesama, terutama dengan anak istri, lingkungan kerja, pendidikan kedinasan seperti ini. Sudah bukan lagi eranya mendidik anak didik kita dengan cara keras, otoriter berlebihan, tapi ujung-ujungnya tidak ada adab. Harus beradab, adab yang utama. Kalau orang cerdas tidak beradab ya sayang sekali,” pesannya.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, lanjut Agus, juga mengingatkan akan kebesaran Allah SWT karena telah menciptakan manusia paling mulia, yakni Nabi Muhammad SAW agar menjadi contoh terbaik bagi umat yang ada di dunia ini. Selain perayaan rutin maulid nabi, Poltekbang Surabaya juga terjadwal memberikan siraman rohani kepada para taruna/taruni.

“Untuk siraman rohani bagi para taruna juga rutin. Tiap hari Jumat saat khotbah Sholat Jumat. Kemudian tiap malam Jumat kami kumpulkan para taruna, khususnya yang muslim. Untuk yang agama lain juga sama kita berikan siraman rohani sesuai agamanya,” tandasnya.

Dalam acara ini diawali dengan santunan kepada anak yatim, pembacaan ayat suci Al Quran hingga menampilkan Tim Hadrah Poltekbang Surabaya yang terdiri dari belasan taruna. Mereka tampak fasih melantunkan berbagai macam shalawat lengkap dengan iringan alat musik rebana. Tak hanya itu, ada dua taruna yang bertugas memandu acara, mereka menggunakan dua bahasa. Satu berbahasa Indonesia, satu lagi berbahasa Arab. Acara berjalan lancar dan hikmat karena peserta mengikuti hingga akhir. (idc/s)

#Maulid Nabi Muhammad SAW #Poltekbang Surabaya