Jumat, 3 Mei 2024

Percepat Peralihan KTP Digital, Pegawai Kominfo Jatim Aktivasi IKD

Diunggah pada : 19 Januari 2024 12:08:06 39
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita (baju batik) saat turut melakukan aktivasi IKD, di Lt. 2 Ruang Argopuro, di Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Jumat (19/1/2024). Foto : Ghufron / JNR

Jatim Newsroom – Guna mempercepat peralihan identitas kependudukan dari Kartu Penduduk Indonesia (KTP) dalam bentuk fisik menjadi KTP digital, pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) mengaktivasi identitas Identitas Kependudukan Digital (IKD), Jumat (19/1/2024). 

Aktivasi IKD yang berlangsung di lantai dua, Ruang Argopuro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya tersebut, dibantu oleh para petugas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur (DP3AK Jatim). Aktivasi, dilakukan dengan cara menginstal aplikasi IKD milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani, menyampaikan, pihaknya sangat senang apabila peralihan KTP digital para pegawai Kominfo Jatim ini dibantu oleh DP3AK Jatim.

“Dengan senang hati kalau DP3AK Jatim itu kesini untuk membantu registrasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD. Karena kalau kita mengurus sendiri terkadang terbentur dengan aktivitas dan repot ya, kalau seperti ini yang mengurus banyak,” tutur Suharlina. 

Maka, Suharlina mengimbau, bagi semua pegawai Kominfo Jatim agar turut serta mendaftarkan diri untuk beralih ke IKD menggunakan KTP digital ini. 

“Sehingga nanti pasti akan terdigitalisasi, jadi kalau bisa semua pegawai Kominfo Jatim ikut mendaftarkan diri, gampang kok nanti mengurusnya dibantu oleh petugas. Karena salah satu tugas yang diampu DP3AK Jatim ini juga kependudukan, maka DP3AK Jatim, hari ini kesini (Kominfo Jatim) untuk membantu pendataan IKD di Kominfo Jatim bagi seluruh pegawai yang belum punya IKD,” ucap Suharlina. 

Dengan aktivasi KTP digital ini, Suharlina mengatakan, masyarakat kemana-mana tidap perlu membawa KTP berupa fisik supaya lebih mudah melalui aplikasi yang ada telepon genggam sudah bisa. “Karena di dalam IKD ini, tidak hanya KTP saja. Tapi juga dokumen lain yang diperlukan, seperti Kartu Keluarga atau KK,” terang Suharlina. 

Kepada seluruh pegawai yang telah mengaktivasi IKD, Suharlina berpesan, supaya turut menyosialisasikan kepada masyarakat luas, cara peralihan KTP digital melalui aktivasi aplikasi IKD. 

“Karena sebagai pegawai Kominfo Jatim, harusnya kita lebih terdepan dari masyarakat, sehingga dengan adanya aktivasi IKD di Kominfo Jatim ini kita berharap semua pegawai Kominfo yang sudah aktivasi KTP digital bisa membantu sosialisasi ke masyarakat lainnya, untuk mempercepat transformasi kependudukan digital,” pesan Suharlina. (vin/s) 

#kominfo jatim #Identitas Kependudukan Digital #IKD #aktivasi IKD