Senin, 6 Mei 2024

Pengmas UB Lakukan Penguatan Agrowisata di Desa Bumiaji Kota Batu

Diunggah pada : 4 Desember 2023 20:37:26 76

Jatim Newsroom - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Pusat Studi Pariwisata tahun 2023 telah menetapkan mitra P4S Bumiaji Sejahtera sebagai kolaborator untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan judul “Strategi Mengkomunikasikan Produk Usaha Hasil Olahan Jambu Kristal Dalam Rangka Mendukung Pengembangan dan Penguatan Agrowisata Desa Bumiaji Kota Batu,”.

Ketua Pusat Studi Pariwisata, Edriana Pangestuti, Senin (4/12/2023) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan strategi komunikasi produk usaha hasil olahan jambu kristal demi mendukung pengembangan dan penguatan agrowisata.

Dalam pelaksanaannya, tim berhasil menyelesaikan permasalahan mitra dengan menerapkan keilmuan dan kepakaran dari tim pengusul. Berfokus pada kolaborasi antar program studi, seperti pariwisata, agribisnis, administrasi bisnis, dan teknik industri, pengabdian ini menciptakan value proposition dengan penerapan strategi dan teknologi tepat guna dalam produksi olahan jambu kristal serta pengembangan agrowisata.

Beberapa kegiatan unggulan dalam program hibah pusat studi tahun ini mencakup: Pertama yaitu penyusunan STP Baru P4S Bumiaji Sejahtera dengan melibatkan strategi pemasaran yang tepat dengan fokus pada segmentasi, targeting, dan positioning guna meningkatkan daya saing produk wisata. Aktivitas ini dirancang untuk membantu mitra program memahami perubahan pasar lokal, regional, dan nasional. 

Kedua : Uji Pasar dan komunikasi produk olahan jambu kristal, dilakukan riset pasar bertahap terhadap produk baru berupa kue pastry hasil olahan jambu kristal, tujuannya adalah mengkomunikasikan produk sebagai alternatif pengelolaan hasil panen jambu kristal, terutama pada grade yang kurang diminati di pasar utama mitra. 

Ketiga: Rancang bangun teknologi tepat guna untuk Mesin Produksi Pastry Jambu Kristal : Tim pengabdian masyarakat membantu mendesain dan merancang teknologi tepat guna guna meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. Keempat : Penyusunan strategi pengembangan dan penguatan Agrowisata melibatkan aktivitas pemasaran dan pelatihan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengenalkan potensi agrowisata Desa Bumiaji Kota Batu.

Anggota tim pengabdian masyarakat terdiri dari Dr. Ir. Rita Parmawati, SP., ME., IPU., ASEAN Eng, M Kholid Mawardi, S.Sos., M.Si., Ph.D., Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST., MT., dengan dukungan beberapa mahasiswa, antara lain Daaliyah Rizqi Saniyyah,Diana Puspita Sari, Mochamad Hardika Prasetyo.

Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi P4S Bumiaji Sejahtera dan Desa Bumiaji secara keseluruhan, membantu pengembangan usaha, dan memperkuat sektor agrowisata di wilayah tersebut. (jal/hjr)

 

#universitas brawijaya