Jumat, 2 Desember 2022

Pemprov Jatim-UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim Dampingi PM Lakukan Daily Activity

Diunggah pada : 15 Juni 2022 12:37:51 49
(UPT PSTW) Jombang asrama Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur mendampingi para penerima manfaat (PM) lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang asrama Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur mendampingi para penerima manfaat (PM) lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari (daily activity). 

Daily activity merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan secara rutin oleh seseorang. Biasanya aktivitas ini dilakukan berulang pada waktu yang sama dan terkadang ada satu kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya. Akan tetapi, bagi sebagian PM UPT PSTW Jombang, activity daily tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. Mereka memerlukan bantuan dan pendampingan dari pembimbing atau pengasuh serta perawat. 

Data UPT PSTW Jombang, dari 70 PM terdapat 18 PM yang sudah tidak dapat mandiri. Terdapat 12 PM di ruang intensive care, 1 PM perawatan berada di wisma Bugenvil, 2 PM perawatan berada di wisma Anggrek, 2 PM perawatan berada di wisma Mawar, dan 1 PM perawatan berada di wisma Melati. Sedangkan di asrama Pare, dari 85 PM terdapat 8 PM yang mengalami bedrest. 

Perawatan diri pada PM dilakukan setelah kegiatan tadarus bersama dan dilakukan oleh masing-masing pembimbing atau pengasuh wisma. Tidak hanya memandikan atau pemenuhan kebutuhan dasar saja, tetapi pembimbing atau pengasuh juga sering melakukan kegiatan memotong kuku, merapikan rambut, dan perawatan luka.

Kepala UPT PSTW Jombang, Sri Retno Hartiwi, berterima kasih kepada pegawai UPT PSTW Jombang, terutama Pekerja Sosial, pembimbing atau pengasuh, serta perawat, Rabu (15/6/2022) 

“Saya sangat berterima kasih karena kalian semua telah melakukan kerja sama yang terbaik dalam memberikan pelayanan terhadap PM yang sudah mengalami keterbatasan mobilitas,” ujarnya.(her/s)

#jatim #dinsos