Minggu, 28 April 2024

Pemkot Mojokerto Pastikan Difabel Punya Kesempatan yang Sama

Diunggah pada : 8 Desember 2023 10:01:13 31
Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terus berupaya memberikan ruang apresiasi serta memastikan setiap difabel di Kota Mojokerto diterima, dihargai, dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (8/12/2023), Pemerintah Kota Mojokerto pun memberikan wadah bagi difabel Kota Mojokerto untuk unjuk bakat dan kreasi melalui lomba mewarnai, pameran kerajinan tangan, serta pementasan seni tari dan musik, di MPP Gajah Mada. Hal ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang mengusung tema “Aku, Kamu, Kita Setara”. 

“Mari kita manfaatkan peringatan hari difabel internasional ini sebagai momentum untuk membentuk kesadaran, menghilangkan stigma difabel yang masih dipandang sebelah mata," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryana Dodik Murtono.

Ia menjelaskan, Pemkot Mojokerto dibawah kepemimpinan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari senantiasa berupaya melibatkan difabel dalam setiap pembangunan di berbagai bidang secara setara.

"Kami berharap Kota Mojokerto bisa menjadi rumah yang ramah bagi teman-teman difabel, agar dapat mengantarkan mereka untuk terus berkarya dan berprestasi. Serta mendapatkan pelayanan, perlakuan yang layak dan setara” lanjut Dodik.

Upaya tersebut terbukti dengan beragam sarana dan prasarana layanan publik milik Pemkot yang juga menyediakan fasilitas ramah difabel. Selain itu, bantuan sosial juga rutin disalurkan sesuai dengan kebutuhan warga difabel.

Berikutnya, organisasi untuk menyalurkan bakat dalam dunia olahraga dan seni juga banyak berdiri di Kota Mojokerto, seperti Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), dan National Paralympic Committee (NPC). (idc/s)

#Kota Mojokerto #disabilitas #difabel