Kamis, 25 Juli 2024

Pemkot Mojokerto Bekali Generasi Z Ilmu Perkoperasian

Diunggah pada : 22 Agustus 2023 11:16:23 30
Sumber Foto: Diskominfo Pemkot Mojokerto

Jatim Newsroom - Roadshow Sosialisasi Perkoperasian untuk Generasi Z terus dilakukan di Kota Mojokerto. Dengan pengenalan koperasi sejak dini, jiwa sosial dan jiwa kewirausahaan diharapkan bisa terasah. Roadshow ini salah satunya berlangsung di SMAN 2 Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, melalui siaran persnya, Selasa (21/8/2023), menerangkan secara langsung betapa pentingnya koperasi dalam menyokong perekonomian di Indonesia.

"Yang menguatkan perekonomian bangsa adalah koperasi, dan ini bisa dipahami ketika anak-anak ada pada program pemuda berkarakter pancasila," terang Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, melalui rilis Humas Pemkot Mojokerto (22/8/2023).

Kepada siswa kelas XI Ning Ita menyampaikan, salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh negara adalah keadilan sosial khususnya bidang perekonomian dan kesejahteraan.

"Kenapa dengan koperasi semuanya bisa sejahtera? Karena di dalam koperasi seluruh anggota ditingkatkan kesejahteraan, saling membantu satu dengan lainnya di antara anggota koperasi," jelasnya.

Pentingnya kewirausahaaan sejak dini khususnya melalui koperasi juga disepakati oleh Kepala SMAN 2 Kota Mojokerto Sugeng Wibawa.

"Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ada tema kewirausahaan, tentu dengan sosialisasi ini harapannya dapat memberikan motivasi dan setelah lulus para siswa memiliki kompetensi tentang ekonomi kreatif," kata Sugeng.

Tentang gerakan koperasi sendiri, Sugeng rencananya akan menindaklajuti dengan menjadikan para siswa sebagai anggota koperasi sekolah.

"Nanti akan dikolaborasikan dengan kurikulum yaitu dimasukkan dalam kewirausahaan, kebetulan di SMAN 2 ada koperasi sekolah dan nanti anak-anak bisa dilibatkan menjadi anggotanya karena selama ini anak-anak hanya membantu," pungkasnya.

Roadshow Sosialisasi Perkoperasian Bagi Generasi Z di SMAN 2 merupakan kedua kalinya digelar dan akan dilanjutkan untuk SMA/SMK di Kota Mojokerto. (tiq/s)

#koperasi #Kota Mojokerto