Minggu, 5 Mei 2024

Pemkab Probolinggo Raih Penghargaan Kategori Penurunan Kemiskinan Tertinggi

Diunggah pada : 10 November 2023 11:18:28 34
Sumber foto: Dok. Diskominfo Probolinggo

Jatim Newsroom - Dinilai berhasil menekan angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima penghargaan Surya Award Kategori Daerah Dengan Penurunan Kemiskinan Tertinggi dalam rangka HUT Harian Surya ke-34 Tahun.

Sebagimana dalam rilis Pemkab Probolinggo, Penghargaan berupa piagam dan plakat tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto pada puncak peringatan HUT-34 Harian Surya di Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis (9/11/2023) malam.

Kegiatan yang juga dirangkai bersama Talkshow Menjaga Ekonomi Jatim Tetap Stabil Hingga 2024 tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, mengatakan penghargaan ini merupakan cambuk sekaligus pelecut semangat agar terus bersama berupaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo.

“Penghargaan ini harus menambah semangat kita. Saya yakin tidak ada kata tidak bisa, selama kita bersama-sama dan bergotong-royong. Sesuai dengan slogan program Bus Patas, bersama untuk sinergi,” ungkapnya usai menerima penghargaan.

Langkah ke depan Pj Bupati Ugas menjelaskan pihaknya akan terus bersinergi, evaluasi dan intervensi program-program yang telah dicanangkan dengan mengkolaborasi inovasi-inovasi dari Perangkat Daerah.

Selanjutnya Pj Bupati Ugas mengemukakan, menghadapi tahun politik 2024 mendatang, menurut pengamatannya kondisi perekonomian di Kabupaten Probolinggo tetap aman dan tidak akan mengalami gangguan yang berarti.

Kendatipun demikian Pj Bupati Ugas menegaskan, sebagai penyelenggara pemilu maka Pemkab Probolinggo harus bisa mensukseskan pelaksanaanya. Pihaknya tetap berfokus dalam pelayanan masyarakat dan menggugah perekonomian masyarakat, bagaimana masyarakat tetap bekerja, damai dan kondusif agar perekonomian terus menggeliat sehingga kemiskinan semakin teratasi.

“Salah satu kunci menurunkan kemiskinan adalah pengembangan UKM. Memang banyak kendala namun terus kami motivasi para UMKM kita agar terus berkarya. Sementara kami juga berupaya dalam penyediaan wadah untuk meningkatkan kapasitas produksinya,” jelasnya.

“Salah satunya di tahun 2024 kita akan menyiapkan beberapa tempat dan gerai pusat oleh-oleh khas Kabupaten Probolinggo yang selama ini belum ada. Selain itu akan terus kami support melalui promosi melalui even-even baik di daerah maupun tingkat nasional,” pungkasnya. (ghf/s)

#kabupaten probolinggo