Senin, 24 Juni 2024

Pemkab Probolinggo Beri Pembinaan BLUD Bidang Kesehatan

Diunggah pada : 2 Februari 2023 14:57:08 83
Pemkab Probolinggo Berikan Pembinaan BLUD Bidang Kesehatan Dan BUMD

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Perekonomian dan SDA memberikan pembinaan badan layanan umum daerah (BLUD) bidang kesehatan dan BUMD di ruang pertemuan, di Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (2/2/2023).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari, mengatakan, BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah atau unit kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Unit kerja ini memiliki fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dan ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

“Sedangkan BUMD sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 Tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tujuan pendirian sebuah badan usaha adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah sesuai dengan potensinya. Selain itu menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat, serta untuk memperoleh keuntungan,” katanya.

Kabupaten Probolinggo telah memiliki BLUD di bidang kesehatan, yaitu dua RSUD dan 33 Puskesmas serta memiliki 2 BMUD, yaitu Perumda Air Minum yang bergerak di bidang pelayanan air bersih dan Perusda Rengganis yang bergerak di bidang aneka usaha.

“Menjadi BLUD merupakan langkah strategis untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Hal ini mengingat dengan menjadi BLUD, RSUD dan puskesmas memperoleh keleluasaan dalam mengelola keuangan untuk optimalisasi pelayanan,” jelasnya.

“Selain itu, dalam pengelolaan BUMD juga diperlukan tata kelola serta pembinaan secara berkelanjutan untuk menghasilkan BUMD yang berkualitas dan memberikan pengaruh signifikan terhadap pendapatan daerah,” pungkasnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Probolinggo, Jurianto, menambahkan, kegiatan yang mengambil tema “Strategi dan Upaya Peningkatan Kinerja BLUD dan BUMD” diikuti oleh 33 Puskesmas, 2 RSUD, 2 BUMD, 1 Dewan Pengawas BUMD dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan pengelolaan BLUD dan BUMD yang berkinerja dan mandiri,” ujar Jurianto. (ern/s)

#kabupaten probolinggo