Sabtu, 4 Mei 2024

Pemkab Ponorogo Buka Kesempatan Lebar Bagi EO yang Gelar Event Mandiri

Diunggah pada : 14 September 2023 12:42:36 96
Sumber foto dokumentasi kominfo ponorogo

Jatim Newsroom - Kesempatan terbuka lebar bagi event organizer (EO) yang hendak menggelar kegiatan di Ponorogo. Berbagai kemudahan menanti, selain tingginya antusias penonton. Peluang emas itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi.

“Apapun kegiatannya akan kami fasilitasi, apa lagi EO yang bersedia menggelar event secara mandiri,’’ kata Judha.

Menurutnya, gelaran event terbukti mampu menjadi pengungkit berputarnya roda perekonomian. Para pengusaha termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut merasakan keuntungan. Judha tunjuk bukti tiga pagelaran musik yang menampilkan empat band ternama belakangan ini. “Penyelenggaraan event itu sebagai salah satu bentuk investasi,” jelasnya.

Judha menerangkan, semakin banyak EO menggelar kegiatan akan menambah daftar kalender wisata di Ponorogo. Pemkab Ponorogo sudah menyusun 62 event dalam kalender wisata sepanjang 2023 ini. “Beberapa bulan terakhir ini, Ponorogo menjadi jujukan wisatawan karena banyak event tergelar.  Mulai Grebeg Suro, Perayaan Hari Jadi Ponorogo, dan beberapa konser musik berurutan,” terangnya.

Dia meyakini warga luar daerah berdatangan ke Ponorogo untuk menyaksikan sejumlah gelaran event yang menarik itu. Bukan sekadar sebagai penonton, mayoritas dari mereka juga berkunjung ke destinasi wisata sembari berwisata kuliner. “Semuanya itu satu bagian dari industri pariwisata,’’ ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo