Kamis, 2 Mei 2024

Pemkab Ponorogo Beri Beasiswa bagi Kades dan perangkatnya

Diunggah pada : 31 Januari 2024 8:22:18 33
Sumber foto: Dokpim Setda Kab. Ponorogo

Jatim Newsroom - Strata pendidikan para penyelenggara pemerintahan desa bakal meningkat. Bahkan, kepala desa, perangkat desa, ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pendamping serta pegiat desa mendapat kesempatan kuliah hingga meraih gelar doktor. 

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, rela menyalurkan 60 beasiswa sebesar Rp4 juta per kepala bagi penyelenggara pemerintahan desa yang ikut program rekognisi pembelajaran lampau (RPL Desa). Adalah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi PDTT (PDTT) yang meluncurkan program RPL Desa dengan tujuan memberikan kesempatan kepada kades dan kawan-kawan (dkk) mengejar pendidikan formal hingga tingkat sarjana, S2 (magister), hingga S3 (doktor). 

‘’Saya mendorong seluruh elemen penyelenggara pemerintahan desa ikut program ini sehingga kualitas SDM mereka meningkat,’’ kata Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Pemkab Ponorogo juga resmi menggandeng Universitas Merdeka Malang Program Di Luar Kampus Utama (PDKU) Ponorogo dalam penyelenggaraan program RPL Desa.

‘’Ini juga berkaitan dengan IPM (indeks pembangunna manusia (IPM) Ponorogo,’’ terang Kang Bupati, melalui siaran persnya, Rabu (31/1/2024). 

Sementara itu, Rektor Universitas Merdeka Malang  Anwar Sanusi menyatakan bahwa kampusnya ditunjuk oleh Dirjen Belmawa Kemendikbudristek sebagai mitra pelaksana program hibah RPL Desa. ‘’Program ini khusus untuk yang sudah bekerja baik kedinasan maupun perusahaan swasta,’’ ungkap Anwar Sanusi yang seorang profesor doktor itu.

Dalam acara yang digelar di Unmer Malang PDKU Ponorogo tersebut juga hadir Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Hirta Juni Ardiansyah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo