Minggu, 5 Mei 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Ikrar Bersama Stakeholder Mitra PAUD

Diunggah pada : 29 Juli 2023 11:44:48 32
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sebagai upaya dalam menguatkan kelembagaan PAUD serta mewujudkan satuan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di wilayah Kecamatan Mojosari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, menggelar penandatanganan ikrar bersama dengan Polres Mojokerto, Kemenag Kabupaten Mojokerto, dan seluruh mitra organisasi mitra PAUD se-Kecamatan Mojosari. 

PAUD-HI sendiri, merupakan pendidikan yang mendukung pemenuhan layanan esensial yang holistik (melihat secara keseluruhan) melalui penyelenggaraan layanan terintegrasi antar unit. Unit itu meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan.

Pelaksanaan ikrar bersama yang berlangsung di Pendapa Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto Jumat (28/7/2023) itu, ditandatangani langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kapolres Mojokerto yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Mojokerto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ludfi Ariyono, dan Kepala Kemenag Kabupaten Mojokerto Muttakim.

Selain itu turut ditandatangani pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rokhmat, Camat Mojosari, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Amat Susilo, Kepala DLH Kabupaten Mojokerto Zaqqi, Kepala DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto Sugeng Nuryadi, Ketua IGTKI Kecamatan Mojosari, Ketua HP3 Kecamatan Mojosari, Ketua IGRA Kecamatan Mojosari, dan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Mojosari.

Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto pada Sabtu (29/7/2023) mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan pelaksanaan ikrar bersama dalam mewujudkan PAUD-HI di wilayah Mojosari. Menurutnya, hal ini menjadi satu langkah nyata, positif dan produktif dalam mewujudkan komitmen bersama untuk lembaga pendidikan menjadi PAUD holistik integratif.

"Jadi anak-anak tidak hanya mendapatkan haknya atas pendidikan, tetapi semua, termasuk pengasuhan, kesehatan, kebutuhan gizinya, perlindungan yang semuanya bisa diterima oleh anak-anak kita," kata Bupati Ikfina. 

Dengan dilaksanakan ikrar bersama tersebut, Bupati Ikfina juga mengatakan, akan mendukung tujuan dan harapan Pemkab Mojokerto dalam menciptakan SDM yang berkualitas. Maka, untuk mendukung PAUD-HI di seluruh wilayah Bumi Majapahit, Bupati Ikfina meminta Kepala Dinas Pendidikan, agar ikrar bersama juga dilaksanakan di seluruh kecamatan

"Karena ini hal yang positif, berikutnya Pak Ludfi saya minta nanti 17 Kecamatan juga melaksanakan kegiatan yang sama, sehingga semua kita tahu bahwa kita ini punya tugas dan kewajiban yang sama bagaimana kita mewujudkan PAUD-HI di wilayah kita," pinta Bupati Ikfina.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto tersebut juga menegaskan, Kecamatan Mojosari telah menjadi pionir atau pelopor untuk mewujudkan PAUD-HI di wilayahnya. "Sehingga betul-betul komitmen bagaimana kita betul-betul akan mewujudkan PAUD-HI di seluruh titik pusat pendidikan anak usia dini di wilayah Kecamatan Mojosari betul-betul bisa terwujud terlaksana dengan baik," harapnya. 

Diketahui, dalam pelaksanaan ikrar bersama ini juga hadit TP PKK Desa se-Kecamatan Mojosari, 38 Kepala Sekolah TK (Taman kanak-kanak), 13 Kepala Sekolah RA (Raudhatul Athfal), 43 Kepala Sekolah Kelompok Bermain (KB), dan 12 Kepala Sekolah POS PAUD yang berada di seluruh wilayah Kecamatan Mojosari. (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #PAUD - HI #Pemkab Mojokerto