Jumat, 26 April 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Bimtek Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif

Diunggah pada : 17 November 2022 14:22:43 27
Sumber foto; Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) tahun 2022, bagi kepala satuan PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Mojokerto. 

Kegiatan Bimtek berlangsung di Aula Dinas Pendidikan, Jl R A Basuni Nomor 33 Mergelo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada, Rabu (16/11/2022). Bimtek ini digelar sebagai tindak lanjut pelaksanaan peningkatan kapasitas bagi kepala satuan pendidikan Agustus lalu.

Peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek berjumlah 250 kepala satuan PAUD terdiri 125 kepala satuan PAUD mengikuti secara luring, dan 125 lagi mengikuti secara daring. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto dan Ketua IGTKI Kabupaten Mojokerto.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina mengatakan, untuk menyukseskan penyelenggaraan PAUD HI perlu kolaborasi antara bunda PAUD dari Kepala kesatuan, kecamatan hingga desa untuk mempercepat pelaksanaan pengembangan."Ini bukan hal baru, hanya belum secara maksimal kita melaksanakannya. Dengan program serentak ini harapannya bisa menggerakkan PAUD HI secara keseluruhan," jelasnya.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, fungsi Bunda PAUD yaitu sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas. Selain itu, mengupayakan bagaimana anak pada usia dini di masing-masing wilayah semua bisa bersekolah. "Dan semua sekolah juga wajib mencukupi layanan memberikan pendidikan yang berkualitas," terangnya.

Terkait target Presiden RI pada tahun 2024 nanti, Bupati Ikfina mengungkapkan, semua anak usia dini di Indonesia 100 persen harus bersekolah. Ia berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas bagi para pendidik anak usia dini.

"Pendidikan anak usia dini ini penting dan sangat bergantung pada pendidiknya. Semoga semua bunda PAUD paham apa yang harus dilakukan. Dan tolong digandeng serta dibimbing bunda PAUD desa untuk mengupayakan, mewujudkan layanan PAUD berkualitas," harapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan, Ardi Sepdianto mengatakan, dalam mendukung program PAUD berkualitas, Pemkab Mojokerto telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya Bimtek bersama kepala satuan PAUD dan roadshow pembinaan bunda PAUD desa. "Saat ini roadshow pembinaan Bunda Paud Desa masih terus dijalankan ibu bupati,"kata Ardi. (vin/hjr)

#Kabupaten Mojokerto