Kamis, 19 September 2024

Pemkab Mojokerto Beberkan Inovasi Digital untuk Kuatkan Komunikasi Publik

Diunggah pada : 7 Agustus 2024 16:43:55 67
Visitasi kepemimpinan nasional PKN tingkat II angkatan XVIII Tahun 2024 Pusdiklat Kementerian Kominfo RI. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto menerima visitasi kepemimpinan nasional PKN tingkat II angkatan XVIII Tahun 2024 Pusdiklat Kementerian Kominfo RI. Dalam kesempatan ini Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memaparkan tentang inovasi digital untuk kuatkan komunikasi publik. 

 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Rabu (7/8/2024), kegiatan kunjungan ini untuk membekali para peserta dalam meningkatkan mengaktualisasikan kepemimpinan strategis dengan mengidentifikasi keunggulan kompetitif organisasi ataupun keunggulan kompetitif daerah.

 

Bupati Ikfina mengucapkan selamat datang kepada para peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan XVIII Tahun 2024 di Kabupaten Mojokerto. Ia sangat mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan kerja itu. "Terima kasih atas kehadirannya dan sekaligus selamat datang di kabupaten Mojokerto Full of Majapahit Greatness," ucapnya.

 

Terkait digitalisasi yang selaras dalam mendukung pembangunan smart city di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menjelaskan digitalisasi masuk dalam misi Kabupaten Mojokerto yang ketiga yakni mewujudkan tata kelola yang berintegritas, akuntabel, bersih, dan transparan.

 

Ia menerangkan, dalam memberikan pelayanan, informasi, dan capaian kinerja pemerintah kepada masyarakat sangat dibutuhkan transparansi. Sehingga untuk mendukung transparansi terhadap masyarakat sangat dibutuhkan digitalisasi. "Transparansi ini bisa kita wujudkan kalau kita melibatkan digitalisasi. Kalau transparansi ini kita wujudkan, maka akuntabilitas tidak akan sulit karena semua bisa terlihat dengan jelas," ujarnya.

 

Bupati Ikfina juga membeberkan, ada berbagai inovasi milik Pemkab Mojokerto yang mendukung digitalisasi di antaranya inovasi di bidang pemberitaan SIJAMED (Sistem Informasi Kerjasama Media), aplikasi PENGUSAHA KEREN yang berupaya untuk meningkatkan kepemilikan legalitas para pelaku usaha.

 

Selanjutnya Nomor layanan terpadu 112, aplikasi Si Panjol Mobile (sistem informasi pajak daerah online), inovasi dalam membayar retribusi pasar non tunai dengan aplikasi SEMAR (sistem elektronik membayar retribusi pasar) dan Aplikasi GARENG (penggunaan retribusi elektronik untuk tera dan tera ulang).

 

Selain itu, Pemkab Mojokerto juga memiliki inovasi presensi ASN berbasis  teknologi informasi (PRASASTI), aplikasi SEGARAN (SIMPEG terintegrasi terbarukan), aplikasi SUHITA (sistem unggah hitung data kinerja), aplikasi pelayanan kepegawaian berbasis satu pintu (PAGARSATU) dan e-OFFICE.

 

Selanjutnya layanan Bupati Ngabari Masyarakat, aplikasi SRI GITARJA (sistem informasi digital pariwisata Kabupaten Mojokerto), aplikasi SI PENGASIH (sistem informasi pengaduan perselisihan hubungan industrial), Bappeda Coffee Table Talk (BCTT), dan berbagai aplikasi pelayanan masyarakat milik kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.

 

"Jadi kita dituntut untuk melakukan inovasi sebagai suatu bentuk meningkatkan motivasi pelayanan publik dan juga percepatan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat. Harus ada percepatan suatu proses, maka mau tidak mau harus ada inovasi yang berhasil tentunya dan ini saya masukkan kedalam perjanjian kinerja juga," jelasnya.

 

Tak hanya itu dalam mendukung suatu pelayanan terhadap masyarakat, Bupati Mojokerto juga meminta perangkat daerah Pemkab Mojokerto juga memiliki media sosial yang dapat menjadi wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Sehingga dengan memanfaatkan berbagai perkembangan digital saat ini, Bupati Ikfina mengharapkan dapat memberikan kepuasan pelayanan terhadap masyarakat.

 

"Intinya bagaimana kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan mengedepankan integritas, transparansi, dan akuntabilitas. Itu semuanya bisa kita lakukan kalau kita betul-betul bisa memanfaatkan perkembangan digital saat ini dan perlu untuk terus kita kembangkan," tegasnya.

 

Sementara itu, Widyaiswara Ahli Madya Kementerian Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan alasan utama dipilihnya Kabupaten Mojokerto menjadi daerah visitasi kepemimpinan nasional PKN tingkat II angkatan XVIII Tahun 2024 Pusdiklat Kementerian Kominfo yakni karena banyaknya berbagai inovasi-inovasi yang diluncurkan oleh Pemkab Mojokerto dalam memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan maupun informasi.

 

"Bisa dipahami bahwa kabupaten Mojokerto ini menjadi kabupaten yang sangat maju dan ke depan bukan tidak mungkin Kabupaten Mojokerto menjadi center of excellent," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #Kementerian Kominfo RI #visitasi kepemimpinan nasional