Selasa, 7 Mei 2024

Pemerintah Luncurkan Situs Agregator indonesiakini.go.id

Diunggah pada : 18 Mei 2022 8:46:31 384
Sumber Foto: Info Publik - Tangkapan Layar Situs Agregator indonesiakini.go.id

Jatim Newsroom – Pemerintah terus mendorong komunikasi publik yang semakin efektif, salah satunya dengan meluncurkan situs agregator indonesiakini.go.id. Dengan situs ini, ke depan beragam informasi yang ada di semua kanal milik instansi pemerintah pusat dan daerah dapat dijadikan dalam satu wadah. 

Melalui idonesiakini.go.id, diharapkan komunikasi publik yang dilakukan oleh pemerintah dapat dilakukan dengan masif, cepat, dan terintegrasi. Dampaknya adalah masyarakat dapat lebih mudah mengetahui setiap kebijakan pemerintah pusat maupun daerah. 

"Hanya dengan membuka satu alamat ini, masyarakat bisa melihat seluruh konten komunikasi publik yang diproduksi pemerintah pusat maupun daerah," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong, pada Selasa (17/5/2022). 

Seperti dilansir infopublik.id, adanya situs agregator ini akan menyatukan informasi yang berada di situs pemerintah pusat dan daerah yang jumlahnya melimpah. "Secara kuantitas sangat banyak, namun keberadaan situs-situs tersebut belum terintegrasi satu sama lain," kata Usman.

Hal itu penting dilakukan oleh instansi pemerintah terkait karena setiap instansi pemerintah harus melakukan kegiatan komunikasi publik melalui berbagai kanal komunikasi di ruang digital. 

Pembuatan kanal ini didasari oleh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik. "Hal ini sesuai dengan arahan Presiden, sekaligus sebagai implementasi Inpres Nomor 9 Tahun 2015 yang mengamanatkan Kementerian Kominfo sebagai koordinator komunikasi publik," kata Usman. (idc/s)

#kominfo #indonesiakini.go.id #komunikasi publik