Senin, 6 Mei 2024

Pelajar dan Guru Ponorogo Hebat-Hebat, Berprestasi Tingkat Provinsi dan Nasional

Diunggah pada : 25 November 2023 18:08:26 32
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan piala kepada salah seorang guru berprestasi di Gedung Terpadu Ponorogo, Sabtu (25/11)2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Di balik siswa berprestasi, ada guru yang hebat. Pesan moral itu tersirat saat Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, saat menyerahkan penghargaan kepada sejumlah guru bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada para pelajar berprestasi. Kalangan pelajar di Ponorogo mampu menorehkan prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sepanjang 2023 ini.

‘’Banyak penopang untuk mewujudkan pelajar berprestasi. Ada peran penting guru di sini, selain peran siginifikan orang tua,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Nurhadi Hanuri saat penyerahan penghargaan berbarengan dengan acara Gelar Budaya Nusantara di Gedung Terpadu, Sabtu (25/11)2023).  

Nurhadi mengapresiasi capaian insan pendidikan dalam kancah lomba tingkat provinsi dan nasional itu.  ‘’Ini membuktikan Ponorogo memiliki guru dan pelajar yang hebat,’’ imbuh Nurhadi.

Dinas Pendidikan Ponorogo menginisiasi Gelar Budaya Nusantara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan Hari Guru Nasional. Nurhadi menyebut inti dari sebuah sekolah adalah guru. Di tangan para guru, masa depan bangsa dipertaruhkan. ‘’Saya titip pesan kepada para tenaga pendidik untuk terus berinovasi memberikan pelayanan pendidikan terbaik,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menginginkan karakter para pelajar terbentuk dengan baik. Peran guru menjadi role model (teladan) bagi siswanya. Karakter merupakan faktor penting karena mempengaruhi cara seseorang untuk bersikap. ‘’Guru harus berupaya terus memperkuat kepribadian murid-muridanya siswa sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, dan berbudi pekerti luhur,’’ tegasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo