Selasa, 7 Mei 2024

Pegadaian Hijaukan Gunung Thekil, Bupati Canangkan Tanam 3 Juta Pohon Akhir Tahun

Diunggah pada : 28 November 2023 19:12:15 28
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyiramkan air usai menanam pohon beringin di kawasan Gunung Thekil, Selasa (28/11/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Kawasan Gunung Thekil bakal menghijau. Lewat program corporate social responsibility (CSR)-nya, PT Pegadaian (Persero) menanam sebanyak 800 pohon berbagai jenis di gunung yang berada di Desa Bulu Lor Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo itu. Bupati Sugiri Sancoko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gulang Winarno, serta Plt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Ponorogo Heri Sutrisno turut serta dalam gerakan penghijauan di Gunung Thekil, pada Selasa (28/11/2023). 

Kepala DLH Ponorogo Gulang Winarno menilai aksi menanam pohon pada akhir November ini bersamaan waktu yang tepat. Sebab, persediaan sumber air tanah mulai menipis setelah sekian lama kemarau panjang melanda. Bahkan, sejumlah sumber air sudah mengering. ‘’Sebentar lagi musim hujan datang yang menjamin pohon akan tumbuh. Salah satu manfaat penghijauan adalah memperbaiki kualitas air tanah, selain mencegah erosi dan banjir, serta menjaga kualitas udara,’’ kata Gulan. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, bakal mencanangkan penghijauan masal dengan menanam 3 juta pohon. Sebab, tanda-tanda perubahan iklim berupa pemanasan global terasa belakangan ini akibat tingkat polisi udara yang tinggi di berbagai belahan dunia.  ‘’Akhir Desember nanti kita laksanakan penghijauan masal saat musim hujan datang,’’ jelas Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri.

Penghijauan selama ini diartikan sebagai proses rehabilitasi lahan kritis di luar kawasan hutan yang bertujuan memulihkan, mempertahankan, serta meningkatkan fungsi lahan. Bersamaan itu,  pohon-pohon yang tumbuh akan menetralisir udara yang tercemar sehingga perubahan iklim tidak terlalu ekstrim. ‘’Kalau mencintai kehidupan berarti harus menjadi kualitas udara. Pohon mampu memurnikan oksigen yang dihirup manusia,’’ terang Kang Bupati. 

Dalam kesempatan yang sama, Kang Bupati menyerahkan piagam penghargaan Kampung Iklim Kategori Utama Nasional kepada sejumlah desa di Ponorogo. Di antaranya, Desa Selur dan Desa Mrayan di Kecamatan Ngrayun; Desa Nongkodono (Kecamatan Kauman); Desa Lembah dan Desa Trisono di Kecamatan Babadan; serta Desa Mojorejo di Kecamatan Jetis. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo