Kamis, 2 Mei 2024

Patut Dilestarikan, Tradisi Ski Lot Desa Lekok Kabupaten Pasuruan Kaya Budaya Lokal

Diunggah pada : 18 April 2024 10:28:08 26
Foto : Kominfo Kabupaten Pasuruan

Jatim Newsroom - Tradisi Ski Lot yang dibuka Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto, di Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok sukses digelar. Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini Kamis (18/4/2024), Andriyanto mengapresiasi tradisi ski lot ini dan menyampaikan lomba berselancar di atas lumpur yang diadakan setiap Lebaran Ketupat (hari ketujuh Lebaran) tersebut sangat atraktif dan begitu istimewa. Menurutnya, hal ini patut dilestarikan bersama menjadi sebuah event kompetisi olahraga unik yang sarat dengan kekayaan budaya lokal.

Dalam agenda pembukaan Pesta Rakyat yang dipadati oleh ratusan pengunjung tersebut, Pj. Bupati Andriyanto mengaku sangat terkesan dengan kekayaan beragam budaya dan tradisi di Kabupaten Pasuruan yang terjaga dengan baik dan memberikan semangat serta motivasinya kepada Camat Lekok dan Kepala Desa Tambak Lekok agar ke depannya tetap melestarikannya sebagai icon kebanggaan masyarakat disana.

"Tradisi Pesta Rakyat yang disebut Ski Lot di Desa Tambak Lekok ini luar biasa. Saya menanyakan sejarah ke Pak Camat dan Pak Kades, ternyata 30 tahun yang lalu, memang warga mencari kerang itu sambil meluncur setelah air pasang kemudian surut. Ini luar biasa tradisinya. Yang paling utama adalah wujud rasa syukur," tuturnya.

Pj. Bupati Pasuruan juga menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan Ski Lot di tahun-tahun berikutnya perlu dibenahi utamanya terkait media seluncur di lokasi agar lebih representatif dan bagus lagi.

"Kami bersama Asisten, Kadisparta dan lainnya, insyaallah akan kami tradisikan. Kalau saya melihat, lumpurnya ada tapi masih kurang bagus. Mudah-mudahan ada atensi untuk Pesta Rakyat yang sangat bagus ini saya menjadi wisata lokal," ucapnya.

Adriyanto menitipkan pesan kepada Kepala Desa setempat untuk melakukan beberapa pembenahan. Fokusnya lebih kepada peningkatan sarana dan prasarana penunjang di lokasi Ski Lot agar semakin menarik minat khalayak, baik bagi para peserta lomba maupun wisatawan lokal untuk datang berkunjung.

"Saya melihat supaya bisa dipercantik, dipersolek. Nanti bagaimana mungkin sampahnya bisa dibersihkan. Lumpurnya bisa diratakan dan diperbagus lagi. Ke depannya akan kami berikan support, baik dari Disparta maupun Kesbangpol. Sarprasnya juga, nanti pelan-pelan mudah-mudahan ada perhatian dari Dinas SDA," ujarnya.

Kepala Desa Tambak Lekok, Mochammad Djamil menyebutkan, tradisi Ski Lot setiap tahunnya diramaikan oleh peserta dari beberapa Desa di Kecamatan Lekok. 

Ia berharap, pelaksanaan acara di Lebaran Ketupat tahun-tahun selanjutnya akan lebih meriah lagi dan mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan terhadap upaya pelestarian Pesta Rakyat masyarakat di Kecamatan Lekok (yan/s)

 

 

#kabupaten pasuruan