Senin, 24 Juni 2024

Pasar Malam Alun-Alun Ponorogo Siap Digelar, 70 Persen Diisi Pedagang Lokal

Diunggah pada : 11 April 2023 16:27:14 74

Jatim Newsroom - Lebaran di Ponorogo belum lengkap tanpa datang ke keramaian pasar malam di Alun-Alun. Gelaran pasar malam tahun ini berbeda karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mensyaratkan kuota minimal 70 persen pedagang lokal yang berjualan. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Diperdagkum) Ponorogo membuka pendaftaran pedagang mulai Selasa (11/4/2023). ‘’Ada pedagang yang langsung cek lokasi lapak-lapak mereka,’’ kata Octa Heriadi, Kabid Pengelolaan Pasar Diperdagkum Ponorogo. 

Animo masyarakat yang ingin berdagang di Alun-Alun cukup tinggi. Disediakan empat meja pendaftaran di Gedung Sentra Industri (GSI) Tambakbayan bagi pedagang lokal. Satu meja pendaftaran dikhususkan untuk pedagang luar daerah.

‘’Kami selektif, pedagang luar kota harus dapat memberi nilai tambah untuk meramaikan pasar malam. Barang dagangan tidak boleh sama dengan pedagang lokal,’’ terang Octa. 

Melihat persiapan yang ada, pembukaan pasar malam akhirnya direncanakan maju pada Rabu (12/4/2023). Kata Octa, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Ponorogo mendapat kesempatan untuk mengenalkan produknya di pasar malam. Alun-Alun Ponorogo seolah etalase besar bagi produk-produk lokal.

‘’Pemudik yang dua atau tiga tahun tidak pulang karena Covid akhirnya mengenal produk lokal Ponorogo,’’ jelasnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo