Selasa, 29 November 2022

Pangkoarmada II Lepas Keberangkatan KRI R.E. Martadinata-331 Menuju Latma Kakadu 2022

Diunggah pada : 6 September 2022 20:43:48 90
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S memberangkatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata (REM)-331

Jatim Newsroom - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S memberangkatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata (REM)-331untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Kakadu 2022 di Darwin, Australia.

Pemberangkatan dilakukan dari atas geladak KRI Frans Kaisiepo (FKO)-368 yang bersandar di Dermaga Madura,Koarmada II, Ujung, Surabaya, Selasa (6/9/2022).

Pada latihan yang digelar dua tahun sekali ini, TNI Angkatan Laut mengirimkan KRI REM-331 dibawah komando komandan KRI, Kolonel Laut (P) Nopriadi, M.Tr.Hanla., untuk turut serta dalam latihan bergengsi yang diikuti 34 negara diantaranya Australia, Jepang, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Filipina, Inggris, India, Indonesia, Jerman, Malaysia, Prancis, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Belanda, Thailand, Belgia, Tonga, Vietnam, Peru, Srilanka, Federasi Mikronesia, Vanuatu, Kepulauan Marshall, Britania Raya, Selandia Baru, Fiji, Pakistan, Canada, Korea Selatan, dan Papua Nugini.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy (RAN) ini akan berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 6 September s.d. 5 Oktober 2022 di Perairan Utara Australia. Latihan Bersama dengan negara di Kawasan Asia Pasifik ini, merupakan latihan yang ke-15 sejak tahun 1993, dan rencananya KRI REM-331 akan membawa 130 Anak Buah Kapal (ABK) dan dua orang sebagai staf latihan. 

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa. “Latma Kakadu-22 ini bertujuan untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dan negara-negara peserta latihan, selain itu juga untuk meningkatkan interoperability dalam Maritime Security Regional pada operasi multilateral,” jelas Laksda T.S.N.B. Hutabarat.

“Manfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, kesempatan latihan ini merupakan ajang komparasi profesionalitas prajurit dalam menguasai berbagai problem latihan yang dilaksanakan serta kemampuan alutsista yang dimiliki dihadapkan pada alutsista peserta lainnya, serta jaga citra Negara Indonesia dengan tidak melanggar aturan yang ada di negara lain,” berikut penekanan orang nomor 1 di Koarmada II kepada seluruh peserta Latma Kakadu 2022 TNI AL.(hjr)

#pangkoarmada II