Jumat, 3 Mei 2024

Pangkoarmada II Lepas Keberangkatan KRI Diponegoro-365 Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL

Diunggah pada : 6 Desember 2023 19:05:05 87

Jatim Newsroom- Panglima Koarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Peni Yayan Sofiyan memimpin upacara pemberangkatan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O UNIFIL/Lebanon, dengan mengirimkan KRI Diponegoro-365 dan satu unit Helikopter Panther HS-1306, di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Rabu (6/12/2023).

KRI Diponegoro-365 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, selaku Dansatgas membawa 120 personel terdiri dari 105 ABK, 9 crew helly dan 6 personel pendukung (Perwira Intelijen, Psikologi, Dokter, Penerangan, Bintara Kopaska dan Bintara Penyelam) ini, akan melaksanakan tugas melaksanakan tugas diplomasi militer. 

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O nantinya akan melaksanakan kegiatan seperti Maritime Interdiction Operation (MIO) dengan melaksanakan pengawasan maritim di Area of Maritime Operation (AMO), melaksanakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Lebanese Armed Force Navy (LAF-Navy), sehingga mampu menjaga wilayah laut teritorial secara mandiri, melaksanakan hailing seluruh kapal yang akan masuk/keluar perairan teritorial, melaksanakan boarding and inspection bila ada kapal asing yang dicurigai, dan bertugas melaporkan kontak udara dari luar/dalam wilayah AMO. 

Dalam sambutannya, Pangkoarmada II menyampaikan “Satgas ini merupakan bagian kontribusi kita kepada dunia untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus merupakan ajang untuk menunjukkan bahwa TNI AL mampu melaksanakan tugas secara profesional. Karena nantinya satgas ini akan melaksanakan patroli rutin, latihan bersama Lebanese Armed Forces (LAF)-Navy maupun dengan unsur-unsur MTF dari negara lain seperti Bangladesh, Jerman, Turki, dan Yunani di Area of Maritime Operation (AMO),” ujar Pangkoarmada II.

KRI Diponegoro-365 akan berlayar menuju Dermaga Kolinlamil dalam rangka penyiapan akhir dan direncanakan pada tanggal 11 Desember 2023 akan dilaksanakan upacara Pemberangkatan Satgas menuju daerah operasi yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan sesuai rencana setibanya di Lebanon pada tanggal  7 Januari 2024, KRI Diponegoro-365 akan melaksanakan serah terima atau Hand Over Take Over dengan KRI Frans Kaisepo-368. (hjr)

#TNI AL #pangkoarmada II