Sabtu, 27 April 2024

Pangkoarmada II Hadiri Sertijab Pangkoarmada III

Diunggah pada : 28 November 2023 8:48:30 44

Jatim Newsroom- Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Ny. Peni Yayan Sofiyan, menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) yang diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi kepada Laksamana Muda TNI Hersan, bertempat di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat. Senin (27/11/2023).

Upacara serah terima jabatan Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III)  di pimpin Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Dalam sambutannya, Pangkoarmada RI menyampaikan wilayah kerja Koarmada III yang meliputi wilayah Indonesia bagian timur.

Menurutnya, situasinya sangat dinamis yang dapat mempengaruhi situasi politik dan keamanan nasional, serta memiliki wilayah perbatasan dengan beberapa negara tetangga, yang tentu saja setiap saat memiliki kepentingan tertentu, belum lagi dihadapkan pada ancaman konflik horizontal, serta pelanggaran hukum di laut.

Oleh karena itu, Pangkoarmada RI melihat karakter wilayah tersebut panglima koarmada III harus senantiasa mengantisipasi kemungkinan ancaman potensial dan aktual di wilayah kerjanya, serta  harus tanggap terhadap perkembangan situasi keamanan di wilayah kerjanya terutama dalam menghadapi tahun politik 2024 dan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Selain itu, Pangkoarmada RI juga menekankan dan mengingatkan kepada pejabat baru, disamping tantangan tugas yang ada, juga harus secepatnya beradaptasi dengan lingkungan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan strategis yang ada. "Di pundak Laksamana lah diletakkan tanggung jawab yang sangat besar dalam menjamin rasa aman dan terselenggaranya kepentingan nasional di wilayah kerjanya," katanya. (hjr)

#TNI AL #pangkoarmada II