Jumat, 3 Mei 2024

Pakasa Jepara Hadiahkan Tombak Warok Sodo Kendali Kepada Bupati Ponorogo

Diunggah pada : 18 Juli 2023 18:43:00 47

Jatim Newsroom - Ketua Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) Jepara, KRA Bambang Adiningrat, menghadiahkan tombak kepada Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Tombak dengan tangkai sepanjang dua meter itu diberi nama gelar Warok Sodo Kendali.

Penyerahan Tombak Warok Sodo Kendali berlangsung sebelum prosesi bedhol tiga pusaka Ponorogo di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Senin (17/7/2023) dini hari.  Kekhasan Jepara tampak dari seni ukir kayu di tangkai dan penutup tombak. Pakasa Jepara juga menyertakan surat keterangan saat penyerahan tombak.

Bupati Sugiri Sancoko mengatakan bahwa hadiah pusaka dari Pakasa Jepara butuh tanggung jawab untuk menjaga dan merawatnya. Penyerahan Tombak Warok Sodo Kendali diharapkan juga dapat menjadi momentum kerja sama budaya antara Ponorogo dan Jepara.  ‘’Kami akan menjaga dan merawatnya sebagai bentuk tanggung jawab,’’ kata Kang Bupati.

KRA Bambang Adiningrat menerangkan Tombak Warok Sodo Kendali berdhapur reog dengan pamor tiban. Warangkanya terbuat dari kayu kanthil iras dan landean (tangkai tombak) berbahan kayu wulung. ‘’Tangguhnya Jepanten (Jepara) dengan nama gulung Kyai Bromo Geni,’’ terang Bambang. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo