Jumat, 3 Mei 2024

PAD Sektor Pariwisata di Ponorogo Terus Kejar Target yang Tembus Rp4,5 Miliar

Diunggah pada : 13 September 2023 7:44:44 176
Kawasan Telaga Ngebel yang menjadi penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Ponorogo. Sumber foto dokumen kominfo ponorogo

Jatim Newsroom - Tiga kali target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Ponorogo direvisi. Dari Rp 2,4 miliar, naik menjadi Rp 3,5 miliar hingga di angka akhir Rp 4,5 miliar pada 2023 ini.

"Dari target awal sudah terpenuhi di pertengahan tahun, terus dinaikkan lagi juga terpenuhi,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi, Selasa (12/9/2023).

Menurut dia, dari target akhir Rp 4,5 miliar sudah tercapai Rp 4,2 miliar. Judha menyebut retribusi masuk kawasan Telaga Ngebel menjadi penyumbang terbesar PAD dari sektor pariwisata. Nilainya mencapai Rp 3,2 miliar.  ‘’Kalau pada September ini sudah mencapai 4,2 miliar, maka saya optimistis target akhir tahun dapat tercapai sempurna,’’ yakin Judha.

Dia mengungkapkan bahwa capaian PAD dari sektor pariwisata yang meroket itu tidak lepas dari program Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam mengembangkan kawasan Telaga Ngebel sebagai destinasi wisata. Di antaranya, pembangunan air mancur menari yang mampu menjadi daya tarik sehingga pengunjung berdatangan. ‘’Kontribusinya sangat besar,’’ terangnya. 

Judha menjelaskan, peningkatan PAD sektor pariwisata juga berkorelasi dengan kenaikan penghasilan pelaku usaha jasa wisata. Terlebih ketika ada gelaran event di kawasan Telaga Ngebel, pengunjung dipastikan datang berduyun-duyun. ‘’Ekosistem perekonomian di sekitar Telaga Ngebel akan mendapatkan manfaat bersamaan wisatawan yang datang,’’ jelasnya. 

Judha membeberkan bahwa  PAD sektor pariwisata itu juga disokong dari Gedung Bulutangkis Reog, Gedung Kesenian, dan GOR Singodimedjo. ‘’Komponen PAD yang dikelola disbudparpora ya itu,’’  bebernya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo