Kamis, 18 Juli 2024

OPOP Expo 2023, Dari Pelatihan Wirausaha Digital Hingga Forum Bisnis

Diunggah pada : 10 November 2023 10:56:11 100
Pembukaan One Pesantren One Product (OPOP) Expo tahun 2023 di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim), Andromeda Qomariah, menerangkan sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam One Pesantren One Product (OPOP) Expo tahun 2023 di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Mulai dari pelatihan wirausaha digital OPOP Academy, talkshow proses pembiayaan keuangan syariah, pasar murah, klinik pembiayaan syariah berupa pelayanan konsultasi, klinik pelayanan usaha, hingga forum bisnis. 

Selain itu, juga dimeriahkan dengan berbagai lomba mulai dari sholawat banjari, mewarnai yang diikuti 500 anak, kupon belanja kelipatan 10 ribu dengan hadiah umroh, lomba pemilihan da’i cilik, lomba vlog, pembagian bibit mangga dan jambu sebanyak 150 bibit, majelis gen Z Islami, dan sholawat bersama.

Kepala Diskop-UKM Jatim mengungkapkan, kegiatan tahunan ini untuk mempromosikan produk pesantren yang tergabung dalam program OPOP agar lebih dikenal masyarakat maupun memperluas mitra bisnis tahun. Lebih kurang 52unit booth stand produk unggulan OPOP dari santripreneur, pesantrenpreneur, dan sosiopreneur berpartisipasi.

Mengutip akun resmi instagram @diskopukm.jatim, Jumat (10/11/2023), OPOP Expo 2023 merupakan edisi yang ke-5 sejak empat tahun berturut-turut sukses diselenggarakan di berbagai kabupaten di Jawa Timur. 

Melalui event ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin menunjukkan perannya sebagai regulator, fasilitator, dan dinamisator dalam menentukan arah pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan. Ini dilaksanakan dengan program kerja yang dituangkan dalam Nawa Bhakti Satya ke-1 dan ke-7 yaitu Jatim Sejahtera dan Jatim Berdaya. 

Berangkat dari hal tersebut, melalui program OPOP, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong kemandirian ekonomi berbasis pesantren guna mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Pasalnya, kedekatan pondok pesantren dengan masyarakat, diharapkan dapat mengakselerasi peningkatan pemberdayaan pesantren dan kesejahteraan masyarakat. (idc/s)

#OPOP #OPOP Expo #Masjid Nasional Al Akbar Surabaya