Jumat, 26 April 2024

Objek Wisata ke Kawah Wurung Ijen Dilakukan Survei Udara 

Diunggah pada : 29 Januari 2023 20:07:35 355
Foto; dok.Disbudpar Jatim

Jatim Newsroom - Objek wisata Kawah Wurung Bondowoso dilakukan survei melalui udara pada Minggu (29/1/2023). Survei menggunakan pesawat Cessna Grand Carava PK-SNN ini, dilakukan dalam rangka upaya mengembangkan dan menggali  potensi wisata di Kabupaten Jember dan Bondowoso.

Kegiatan ini diinisiasi Tim UMM Flying Wurung Exhibition yang dipimpin Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Fauzan. Diikuti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono bersama Bupati Jember, Hendi Siswanto dan Sekda Kab Bondowoso, Bambang Soekwanto. 

Pesawat diterbangkan dari Bandara Notohadinegoro Jember. Mengudara sekitar 30 menit melintasi kawasan Jember dan Bondowoso. Melintasi Kawah Wurung, Kawah Ijen dan Gunung Raung. 

Sekadar diketahui, Kawah Wurung adalah tempat wisata di Bondowoso. Kawah ini berlokasi tidak jauh dari Kawah Ijen dan hanya berjarak sekitar 9-10 KM. Ketinggian Kawah Wurung berada di 1500 meter di atas permukaan laut di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso. 

Objek wisata ini dikelola sepenuhnya oleh Perum Perhutani Bondowoso dengan menawarkan daya tarik utama berupa kawah dan alam pegunungan yang didominasi oleh rerumputan hijau dan beranekaragam jenis bunga. Biasanya, objek wisata Kawah Wurung dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan bermotor. 

"Kawah Wurung ini bukit dengan cerukan seperti kawah gunung yang diselimuti padang rumput. Kawah ini juga dikenal dengan nama Bukit Cincin. Jika dilihat dari udara sangat indah," kata Hudiyono. 

Menurutnya, survei udara ini untuk memetakan potensi wisata udara menggunakan pesawat Cessna yang berukuran kecil. Kapasitas hanya 12 penumpang. 

"Sementara ini direncanakan menggunakan pesawat milik Pemkab Jember. Ke depan pihak UMM berencana akan berinvestasi dengan membeli pesawat Cessna untuk pengembangan Wisata Udara di Kawah Wurung Bondowoso yang disiapkan khusus di Bandara Notohadinegoro Jember," ungkapnya. 

Sebagai tindak lanjut dari hasil survei udara Kawah Wurung ini, pihaknya akan rapat untuk mematangkan konsep wisata menggunkan pesawat tersebut.

"Alhamdulillah Ibu Gubernur berkenan dan hasil survei hari ini akan kami tindaklanjuti melalui rapat teknis hari Selasa besok," ujarnya. 

Ia berharap, dengan adanya data tarik wisata baru lewat jalur udara ini bisa meningatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur. "Alhamdulillah Jawa Timur itu sangat indah. Secuil keindahan surga yang jatuh ke bumi. Jadi kalau mau berwisata di Jatim aja," pungkasnya. (red)

#Jawa Timur #wisata #Disbudpar Jatim