Senin, 15 Juli 2024

Mudah Urus Sertifikat Tanah, Bupati Ponorogo Minta 1.090 Pelaku UMKM Manfaatkan dengan Bijak

Diunggah pada : 4 Maret 2024 20:53:21 77
Bupati Sugiri Sancoko menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada salah seorang pelaku UMKM di Kecamatan Sampung, Senin (4/3/2024). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Beragam fasilitas terus menghampiri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Ponorogo. Kali ini sebanyak 355 pelaku usaha berskala kecil di sekitaran Monumen dan Museum Reog Ponorogo mendapatkan kemudahan mengurus sertifikat hak atas tanah (SHAT). Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang menyerahkan langsung ratusan SHAT itu di kantor Kecamatan Sampung, Senin (4/3/2024).

‘’Untuk menyongsong pembangunan megaproyek monumen reog rampung, pelaku UMKM harus siap menyambutnya sekaligus merasakan manfaat,’’ kata Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko. Pemkab Ponorogo sengaja menggandeng Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) setempat dalam kemudahan pengurusan SHAT. ‘’Jaga baik-baik sertifikat tanah ini dan gunakan dengan bijaksana,’’ pesan Kang Bupati.

Pihakya selama ini selalu berpihak kepada pelaku UMKM dengan memberikan sejumlah fasilitas. Mulai mengurus nomor induk berusaha (NIB), mendapat beragam pelatihan, bantuan permodalan, serta berhak mendaftarkan usahanya ke e-katalog untuk memenuhi kuota minimal pemanfaatan barang atau jasa lokal kebutuhan pemerintah. Tercatat sekitar 3.800 UMKM yang tersebar di 21 kecamatan di Ponorogo. Usaha mereka kian menggeliat setelah sederet kebijakan pemerintah berpihak kepada pelaku bisnis dengan nilai kekayaan dan hasil penjualan tertentu tersebut.

Sementara itu, Kepala ATR/BPN Ponorogo Arinaldi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerbitkan tidak kurang dari 1.090 SHAT sepanjang 2023. Seribu lebih sertifikat tanah tersebut dibagikan kepada pelaku UMKM di lima desa. Yakni, Desa Ngrukem, Desa Bedingin, Desa Sekaran, Desa Blembem, Desa Pager Ukir, dan Desa Sampung. ‘’Hari ini, sebanyak 183 dibagikan kepada pelaku UMKM di Desa Sampung dan 172 di Desa Pager Ukir,’’ ungkapnya. (why)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo