Kamis, 9 Mei 2024

Menkav 2 Marinir Peringati HUT Ke-78 Republik Indonesia

Diunggah pada : 17 Agustus 2023 15:28:16 39
Foto : Serka Mar A. Munawir / Dispen Kormar / Resimen Kavaleri 2 Marinir

Jatim Newsroom - Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Marinir Muhammad Rizal bersama prajurit dan pegawai negeri sipil melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Lapangan apel Mako Menkav 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya, Jawa Timur. Kamis (17/8/2023).

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia kali ini bertema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” dengan pelaksanaan dari Istana Negara, bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang diikuti oleh prajurit TNI di seluruh Indonesia dari kesatuan masing-masing.

Danmenkav 2 Mar saat membacakan amanat Panglima TNI,  mengatakan, peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini, pada hakikatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para pejuang, pendiri Republik ini dan para pahlawan sejati. "Kita harus mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkannya untuk mengisi kemerdekaan. TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa dan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh,” sambutnya.

Lebih lanjut dikatakan, berkaitan di tahun 2023 yang merupakan tahun politik menuju Pemilu 2024, TNI tetap harus netral.  Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI tidak ingin kembali ke politik, TNI secara tegas tidak masuk ranah politik praktis.

Di akhir amanat, “Amalkan Sapta Marga, Sumpah  Prajurit, Delapan Wajib TNI, sebagai komitmen moral prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekelilingnya.   Demikian juga para PNS, amalkan dengan sungguh-sungguh “Panca Prasetya Korpri”. Jadilah prajurit atau PNS yang patriotik, kehadiran kalian adalah bagian penting bagi eksistensi NKRI,” pungkas Danmenkav 2 Mar. (raf/hjr)

#Koarmada II #TNI AL #marinir