Selasa, 7 Mei 2024

Mengulik Ragam Tradisi Ramadan di Tengah Masyarakat Mojokerto

Diunggah pada : 18 Maret 2024 2:31:52 52
Salah satu tugu, lokus daya tarik wisata di Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Ramadan menjadi salah satu bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Secara umum kebaradaan Ramadan identik dengan berbagai aktivitas ibadah seperti puasa, tadarus, tarawih, sedekah, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di tengah masyarakat muslim Indonesia terdapat berbagai kegiatan lain, yang rutin dilakukan di setiap Ramadan hingga menjadi sebuah tradisi khas dan turun temurun sejak lama, termasuk masyarakat Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (18/3/2024), berikut ragam tradisi Ramadan di tengah masyarakat Mojokerto. 

Ngabuburit

Katangabuburitsebenarnya berasal dari bahasa Sunda, burit, yang berarti sore atau petang. Ini dapat diartikan, menunggu sore atau mengisi waktu hingga sore tiba. Pemakaiannya sebenarnya umum saja.

Namun, kini ngabuburit begitu masif digunakan di bulan puasa, yakni berarti melakukan aktivitas sambil menunggu saatnya buka puasa dengan melakukan berbuka puasa. Ini biasanya dilakukan sekitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka puasa.

Tidak ada kegiatan spesifik dalam ngabuburit. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah berburu ta'jil atau kudapan untuk berbuka puasa. Nah, untuk masyarakat Kota Mojokerto dan sekitarnya, salah satu rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi adalah Pasar Takjil yang berlokasi di Pasar Loak Ketidur, Kecamatan Prajuritkulon.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro, menuturkan pasar takjil ini digelar untuk memfasilitasi pemasaran dan promosi para pelaku UMKM Kota Mojokerto.  

"Takjil itu bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat kita di bulan Ramadan. Maka dari itu, kita manfaatkan momen ini untuk mempromosikan produk-produk UMKM khusus untuk makanan dan minuman," terang sosok yang akrab disapa Mas Pj ini. 

Tidak hanya menyediakan beragam makanan dan minuman produksi UMKM Kota Mojokerto, Pasar Takjil juga menyediakan sejumlah wahana permainan ala pasar malam. Sehingga pasar yang buka mulai pukul 14.30 hingga 21.00 WIB ini cocok untuk menjadi destinasi ngabuburit berbagai usia. Di Ramadan 1445 H/2024 ini, Pasar Takjil di Pasar Ketidur akan dibuka dari tanggal 18-30 Maret 2024. 

Patrol Ramadan

Tradisi patrol biasanya dilakukan oleh sekelompok warga untuk membangunkan warga lainnya, agar segera bangun dan menyiapkan sahur. Ini dilakukan berkeliling kampung sambil memainkan alat musik sederhana seperti kentongan atau drum bekas denngan meneriakkan "sahur-sahur" atau bersholawat.

Seiring berkembangnya zaman, Patrol Ramadan juga turut berkembang. Instrumen musik yang digunakan semakin bervariasi. Alunan musik dan jargon-jargon yang diteriakkan juga semakin menarik dan penuh kreativitas. Sehingga patrol bahkan menjadi hiburan tersendiri di waktu sahur.

Melihat potensi kreativitas tersebut, Pemkot Mojokerto pun rutin menggelar Lomba Patrol Ramadan. Tahun ini, dijadwalkan akan digelar pada 27 Maret 2024, mulai pukul 20.00 WIB. Lomba ini digelar dengan sejumlah kategori peserta, yakni, pelajar SD, SMP, SMA/SMK, dan Karang Taruna. Bagi para pemenang nantinya akan mendapat hadiah berupa tropi, sertifikat, dan uang pembinaan.

Weweh

Istilah weweh merupakan serapan dari bahasa Jawa yakni wewehono/ nguwehi yang berarti memberi, sehingga dapat dimaknai saling berbagi atau sedekah, serta menjadi simbol perekat tali persaudaraan. Weweh biasanya banyak dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan atau mulai malam 21 Ramadan.

Tradisi ini dilakukan oleh anak-anak datang ke rumah sanak saudara dan tetangga dengan membawa rantang berisikan lengkap dari nasi hingga sayur beserta lauknya. Tidak ada ketentuan khusus, menu apa yang harus dibagikan. Belakangan bahkan semakin banyak masyarakat yang memilih wadah box atau sekali pakai lainnya.

Setelah nenerima wewehan, tuan rumah terkadang juga akan memberikan sejumlah uang atau sangu untuk anak yang telah mengantar wewehan. Tidak ada nominal pasti dalam hal tersebut, tuan rumah bebas menentukan besarannya. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak, sehingga mereka akan sangat antusias untuk membantu orang tua mereka weweh. (idc/s)

#Kota Mojokerto #Ramadan